• English
  • Bahasa Indonesia

Jejak Pengawasan Pulau Terluar di Bengkulu

Tim Supervisi Bawaslu Provinsi Bengkulu saat tiba di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, dalam rangka mengawasi tahapan pencocokan dan penelitian (coklit), Selasa 4 Agustus 2020

Pulau Enggano, Bawaslu Provinsi Bengkulu – Di tengah Pandemi Virus Corona (Covid-19) yang tak kunjung berakhir, tidak menyurutkan semangat pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu untuk memastikan proses tahapan pilkada berjalan dengan lancar. Kali ini Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu melakukan supervisi dan monitoring pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) ke pulau terluar di Provinsi Bengkulu yakni Pulau Enggano.

Di bawah komando Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Patimah Siregar dan Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara, Titin Sumarni, serta beberapa staf, tim akan melakukan pengawasan coklit di Pulau Enggano selama empat hari dari tanggal 4 sampai 7 Agustus 2020.

Pulau Enggano adalah salah satu pulau terluar bagian selatan Indonesia yang terletak di Samudera Hindia. Pulau ini merupakan bagian wilayah Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara yang terdiri dari satu kecamatan dan enam desa yaitu: Desa Malakoni, Desa Apoho, Desa Meok, Desa Banjar Sari, Desa Kaana dan Desa Kahyapu dengan total kurang lebih 4000 jiwa.

Minimnya sarana transportasi untuk menjangkau pulau yang tercatat berdasarkan hasil coklit untuk Pilkada 2020 memiliki 2695 Daftar Pemilih Tetap (DPT) ini membuat tim supervisi dan monitoring Bawaslu harus merencakan jauh hari sebelumnya. Hal tersebut karena maskapai penerbangan dan kapal laut hanya beroperasi dua kali dalam seminggu bahkan terkadang tidak beroperasi jika cuaca tidak mendukung.

Pesawat  yang membawa rombongan tim Bawaslu mendarat di Kecamatan Enggano. Tim langsung disambut oleh Ketua dan Anggota Panwas Kecamatan Enggano dan berdiskusi terhadap hasil pelaksanaan coklit.

Berdasarkan temuan coklit, masih ada warga yang terdata dalam daftar pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS). Selain itu, beberapa warga yang sedang berada diluar pulau enggano belum bisa kembali karena terkendala cuaca sehingga proses coklit dilakukan melalui via telepon.

“Terkait data yang TMS itu, kemarin masih ditemukan seperti meninggal dunia masih masuk dalam daftar pemilih. Itu sudah panwascam rekomendasikan untuk dicoret,” ungkap Patimah Siregar

Sebagai pulau yang menyimpan banyak potensi, tak hanya pantai dengan ombak-ombak yang indah dan sederet spesies baru yang berhasil ditemukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) baru-baru ini Enggano masih perlu banyak perbaikan baik itu dari infrastruktur maupun suprastruktur.

Pulau dengan DPT sekitar 300 jiwa setiap desa itu mengandalkan gardu PLN berbahan bakar diesel dan tenaga matahari. Tenaga listrik hanya hidup selama 7 (tujuh) jam sehari mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

Koordinasi serta pengiriman laporan oleh jajaran panwascam di Engano hanya dapat dilakukan jika listrik hidup dan menggunakan WIFI di balai Desa. Seperti kata bijak dari Dr.Martin Luther “kegelapan tidak dapat mengusir kegelapan, hanya cahaya yang dapat melakukannya,” penduduk Enggano harus berjuang dalam kegelapan.

Sembari berbaur dengan kehidupan masyarakat yang begitu sederhana namun penuh kekompakan, Patimah Siregar menyampaikan pentingnya menjaga hak pilih warga sesuai dengan yang tertuang dalam undang-undang dilanjutkan dengan koordinasi dengan pemerintahan setempat.

“Kedatangan kami kesini dalam rangka silaturahmi. Kita juga sama-sama ingin memastikan seluruh tahapan dapat berjalan dengan lancar. Terutama mengenai hak pilih warga, jangan sampai yang memenuhi syarat tidak terdaftar dalam DPT. Demikian dengan pemerintah kami harapkan agar netral dan tidak mempunyai keberpihakan,” ungkap Patimah.

 

Penulis/Editor: Humas Bawaslu Provinsi Bengkulu

Selasa (4/8/2020)

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu