• English
  • Bahasa Indonesia

Herwyn Minta Forum Aktif Panwas LN Ajukan Saran Metode Pengawasan Pungut Hitung

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat memberikan arahan kepada Pengawas Pdmilu Luar Negeri yang berkumpul di Jakarta, Jumat (10/5/2024) malam.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda bangga atas pencapaian kinerja Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwas LN) selama Pemilu 2024 berlangsung. Namun, dia meminta Panwas LN aktif dalam forum untuk bertukar pikiran terkait metode pengawasan di luar negeri utamanya pemungutan dan penghitungan (pungut hitung) suara.

Dia meminta ajang pertemuan dengan Panwas LN seluruh dunia dapat aktif akan saran dan gagasan. Sebab Herwyn menyadari yang mengetahui kerawanan wilayah masing-masing adalah Panwas LN itu sendiri.

"Saya harap forum akan mendengarkan masukan bapak dan ibu semua terkait pelaksanaan pemilu di luar negeri. Persoalan DPT LN, masalah penggunaan hak pilih dan ketersediaan logistik pada pelaksanaan pemilu di luar negeri," jelasnya di Jakarta, Jumat (10/5/2024) malam.

Bahkan dalam prosesnya, Herwyn tidak menutup kemungkinan dapat dirumuskan juga pola pengawasan metode pungut hitung suara. Sebab ada kemungkinan, jelasnya, metode TPSLN, KSK, dan Pos yang diterapkan Pemilu kemarin memiliki kelemahan dalam pelaksanaannya.

"Terkait dengan pengawas TPS LN dan KSK kita akan rumuskan, ada pengawas pos dan pengawas dengan tujuan banyak mata yang melihat. Ke depan bisa saja dimungkinkan ada metode pengawasan lain," kata dia.

Herwyn juga meminta seluruh gagasan yang diungkapkan kiranya untuk demi memperjuangkan hak pilih WNI di luar negeri. Sehingga dia berharap hal-hal ini dapat dirumuskan dalam satu rangkaian tugas evaluasi pengawasan pemilu untuk Pemilu yang sukses tahun 2029.

"Saya ucapkan terimakasih sekali lagi atas nama Bawaslu atas peran dan kontribusi jajaran Pengawas LN dalam mengawal hak pilih dan menjaga kemurnian suara dalam Pemilu 2024," tutur Herwyn.

Editor: Ranap THS
Foto: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu