• English
  • Bahasa Indonesia

Hasil Sementara Pengawasan Coklit Abhan : Banyak Pemilih Pemula Belum Terdata

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan ungkap hasil sementara pengawasan terhadap tahapan penelitian dan pencocokan (Coklit) daftar pemilih Pilkada Serentak 2020. Dirinya menyampaikan berdasarkan hasil pengawasan di lapangan masih terdapat pemilih pemula yang belum terdata dalam daftar pemilih atau A-KWK.

“Hal ini menjadi indikasi bahwa KPU belum melakukan sinkronisasi data antara DP4 dan DPT pemilu terakhir,” ucapnya saat Rapat Evaluasi Pelaksanaan Dan Pengawasan Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Dan Pencocokan Dan Penelitian Daftar Pemilih yang dilaksanakan secara Daring. Senin, (27/07/2020).

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah periode 2012-2017 ini menambahkan, saat ini terdapat calon perseorangan yang telah mengajukan sengketa proses pemilihan. Maka dibutuhkan kerja ekstra keras. Karena potensi permohonan sengketa di tahapan pencalonan perseorangan ini bisa berkali-kali.

"Kerja pengawasan saat ini memang lebih berat, karena dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Maka seluruh jajaran pengawas untuk selalu waspada dan jaga kondisi kesehatan," tuturnya.

Pria yang pernah menjadi advokat ini meminta forum rakor dijadikan wadah mengeksplorasi data hasil pengawasan. Sehingga bisa mengambil kebijakan dalam rangka pencegahan dan pengawasan demi terwujudnya pelaksanaan pemilihan yang berkualitas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Ini adalah kerja kolektif kelembagaan. Kualitas hasil kerja divisi pengawasan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap divisi penindakan pelanggaran dan penangan sengketa proses,” tutupnya.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu