• English
  • Bahasa Indonesia

Hasil Sementara Pengawasan Coklit Abhan : Banyak Pemilih Pemula Belum Terdata

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan ungkap hasil sementara pengawasan terhadap tahapan penelitian dan pencocokan (Coklit) daftar pemilih Pilkada Serentak 2020. Dirinya menyampaikan berdasarkan hasil pengawasan di lapangan masih terdapat pemilih pemula yang belum terdata dalam daftar pemilih atau A-KWK.

“Hal ini menjadi indikasi bahwa KPU belum melakukan sinkronisasi data antara DP4 dan DPT pemilu terakhir,” ucapnya saat Rapat Evaluasi Pelaksanaan Dan Pengawasan Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Dan Pencocokan Dan Penelitian Daftar Pemilih yang dilaksanakan secara Daring. Senin, (27/07/2020).

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah periode 2012-2017 ini menambahkan, saat ini terdapat calon perseorangan yang telah mengajukan sengketa proses pemilihan. Maka dibutuhkan kerja ekstra keras. Karena potensi permohonan sengketa di tahapan pencalonan perseorangan ini bisa berkali-kali.

"Kerja pengawasan saat ini memang lebih berat, karena dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Maka seluruh jajaran pengawas untuk selalu waspada dan jaga kondisi kesehatan," tuturnya.

Pria yang pernah menjadi advokat ini meminta forum rakor dijadikan wadah mengeksplorasi data hasil pengawasan. Sehingga bisa mengambil kebijakan dalam rangka pencegahan dan pengawasan demi terwujudnya pelaksanaan pemilihan yang berkualitas dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Ini adalah kerja kolektif kelembagaan. Kualitas hasil kerja divisi pengawasan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap divisi penindakan pelanggaran dan penangan sengketa proses,” tutupnya.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 12 Juni 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Minggu, 26 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Sabtu, 25 Juli 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Kamis, 23 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu