• English
  • Bahasa Indonesia

Hasil Pengawasan Daftar Pemilih, Bawaslu Polman Temukan 34 Data Ganda

Pimpinan Bawaslu Kabupaten Polewali memperlihatkan hasil temuan 34 pemilih ganda/Foto: Humas Bawaslu Kabupaten Polman

Polewali Mandar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Polewali Mandar (Polman) menemukan 34 data ganda hasil dari pengawasan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dilaksananakan KPU Kabupaten Polewali Mandar, Selasa (29/09/2020). Kegandaan data itu berdasarkan data berbintang yang diterima dari KPU.

Ketua Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar Sumarding mengatakan, pihaknya masih menemukan banyaknya kegandaan data, dengan masih adanya tanda bintang dari hasil pengawasan dan pencermatan.

Kegandaan data itu dibagi atas beberapa kategori, semisl adanya perbedaan NIK dan NKK. Ada juga kesamaan nama serta tanggal dan bulan lahir, juga kesamaan jenis kelamin.

“Tugas bawaslu melakukan kembali pengawasan dalam hal ini pencermatan. Dan beberapa data itu masih ditemukan data yang kemudian memiliki NIK yang sama, kemudian nama yang sama. Tetapi kami telisik bahwa NIK yang sama ini adalah NIK yang memang kami sama melihatnya sesuai dengan data yang berbintang itu,” ujar Sumarding.

Atas temuan itu tegas Sumarding, pihaknya segera melayangkan surat resmi ke KPU perihal saran perbaikan atas hasil pencermatan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar.

“Walaupun misal berbintang kami di Bawaslu tetap akan cermati. Dari hasil pencermatan terdapat beberapa nama yang kami indikasikan. Mungkin setelah ini, kami akan bersurat secara resmi terkait dengan saran perbaikan,” beber Sumarding.

Selain digelar secara langsung, kegiatan tersebut juga digelar melalui platform virtual zoom meeting dan facebook. Sehingga pesertanya terdiri dari sejumlah unsur partai politik.

Penulis : Humas Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar

Editor : Humas Bawaslu RI (Rama Agusta)

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu