• English
  • Bahasa Indonesia

Harap WTP Kedelapan, Sekjen Minta Segera Tindak Lanjut Catatan Pemeriksaan BPK

Kiri: Kasek Bawaslu Sulsel Jalaludin saat menerima laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan dari Ketua SubTim 2 Pemeriksa dari BPK, Raden Dodo Kusmoro disaksikan Sekjen Bawaslu Ichsan Fuady

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal Bawaslu Ichsan Fuady menyatakan harapan, Bawaslu dapat meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keangan (BPK). Untuk itu, dia berharap Bawaslu daerah (provinsi dan kabupaten/kota) dapat membuat akuntabilitas dengan laporan keuangan yang baik dan sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kita berharap dapat WTP kedelapan. Untuk mencapai WTP ini tidak mudah. Nanti Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Bawaslu kabupaten/kota yang ada perlu segera dibuat tindak lanjut atas catatan atau rekomendasi dari hasil pemeriksaan BPK," katanya saat menghadiri "exit meeting" hasil pemeriksaan BPK terhadap laporan keuangan Bawaslu Sulsel di kantor Bawaslu Sulsel, Makassar, Selasa (21/2/2023).

"Kalau kinerja baik, pengawasan pemilu berhasil diikuti akuntabilitas maka organisasi Bawaslu menjadi lebih baik," tambah dia.

Ichan menyatakan, ada kebijakan pengelolaan dan laporan keuangan yang telah disosialisasikan sehingga mendapatkan pemahaman dan peduli. "Kalau paham 'tok' (saja), tidak peduli, ya percuma. Kalau sudah dan peduli, maka kemudian melaksanakan," tuturnya.

Dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan tersebut, lanjut dia, maka ada pengawasan dan 'monitoring' untuk kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan. "Laporan keuangan itu harus berstandar akuntansi, dan ketaatan kepada peraturan. Jangan sampai ada unsur kesengajaan, kelalaian, tidak cermat, dan paling bawah adalah tidak tahu. Kalau sampai tidak tahu, maka yang salah adalah yang memberikan tugas," tegas mantan auditor di BPKP ini.

Dia mengungkapkan, sejauh ini pemeriksaan laporan keuangan BPK sudah hampir selesai. "Sekarang pemeriksaan sudah 82%. Bawaslu Sulsel dan kabupaten/kita diharapkan segera melakukan tindak lanjut atas catatan atau rekomendasi dari pemeriksaan ini," ungkapnya.

Sedangkan Ketua SubTim 2 Pemeriksa dari BPK, Raden Dodo Kusmoro menyatakan selama delapan hari pemeriksaan untuk lapora keuangan Bawaslu Sulsel sudah cukup baik. "Ada dua catatan dan temuan yang selisih nilainya tak terlalu besar, lebih keci dari tahun-tahun sebelumnya. Serta cukup baik dari provinsi lainnya yang sebelumnya kami singgahi. Semoga dua catatan itu segera ditindaklanjuti," jelas dia.

Fotografer: M Chaidir Pratama (Humas Bawaslu Sulsel)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu