• English
  • Bahasa Indonesia

Hadapi Kendala Coklit, Bawaslu Minta Pengawas Maksimalkan Waskat

Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat Rapat Evaluasi Pelaksanaan Dan Pengawasan Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Dan Pencocokan Dan Penelitian Daftar Pemilih yang dilaksanakan secara Daring. Senin, (27/07/2020).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Jelang berakhirnya tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih yang dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020, terdapat beberapa kendala yang dihadapi Bawaslu. Mulai dari terbatasnya akses data Model A-KWK (data pemilih) hingga kurangnya informasi titik lokasi daerah mana saja yang akan dilakukan coklit oleh KPU.

Hal tersebut dikatakan oleh Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin saat Rapat Evaluasi Pelaksanaan Dan Pengawasan Tahapan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan Dan Pencocokan Dan Penelitian Daftar Pemilih yang dilaksanakan secara Daring. Senin, (27/07/2020).

Ia meminta jajaran Pengawas harus maksimalkan pengawasan melekat (Waskat) dalam tahapan coklit daftar pemilih Pilkada Serentak 2020

“Terus awasi, seluruh jajaran harus ikut terlibat waskat, baik ditingkat Bawaslu hingga ke tingkat jajaran pengawas desa dan kelurahan,” ungkapnya.

Selain itu, seluruh jajaran Bawaslu diminta untuk terus melakukan antisipasi sengketa pemilihan usai dilaksanakan penetapan verifikasi faktual (Verfak) Calon Perseorangan. Juga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan standar Covid-19.

"Semua hal tersebut dilakukan agar semua tahapan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," harapnya.

Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menemukan Petugas Penelitian dan Pencocokan Daftar Pemilih (PPDP) terdata dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dan terdapat dalam data daftar dukungan calon perseorangan. Hal tersebut ditemukan Fritz saat melakukan monitoring dan supervisi di daerah yang melaksankan Pilkada Serentak 2020.

"Ini harusnya tidak boleh terjadi, tapi ternyata masih ditemukan. Maka seluruh jajaran Bawaslu saya minta turun untuk waskat," tandasnya.

Foto : Humas Provinsi Banten
Editor : Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 12 Juni 2020 WIB
Tempat :
Gedung TLC DKPP
Waktu:
Minggu, 26 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)
Waktu:
Sabtu, 25 Juli 2020 WIB
Tempat :
Darirng (online)
Waktu:
Kamis, 23 Juli 2020 WIB
Tempat :
Daring (Online)

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu