• English
  • Bahasa Indonesia

Gandeng Unhas, Bawaslu Perkuat Pengawasan Partisipasif, Penelitian, dan Pendidikan Politik

Rektor Universitas Hasanuddin, Dwia Aries Tina Pulubuhu (kiri) dan Ketua Bawaslu RI, Abhan memperlihatkan MoU kedua lembaga yang disepakati di Makassar, Selasa 15 September 2020/Foto: Humas Bawaslu Sulawesi Selatan

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu bersama Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Selasa (15/9/2020). Hal ini dalam memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi Unhas yang meliputi pendidikan dan pengajaran; penelitian dan pengembangan; dan pengabdian kepada masyarakat terkait pemilu maupun pilkada.

Kedua lembaga negara ini sepakat mengadakan kerja sama dengan memanfaatkan sumber daya masing-masing sesuai dengan fungsi dan kewenangannya melalui kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang kepemiluan.

Ketua Bawaslu Abhan dalam kesempatannya menyampaikan MoU ini merupakan perpanjangan dari kerja sama yang telah dirintis oleh Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam bidang pengawasan partisipasif dalam bentuk kuliah kerja nyata (KKN) tematik. Menurutnya, Bawaslu terus mendorong pengawasan partisipasif dengan melakukan kerja sama bersama sejumlah lembaga utama universitas guna mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan kepemiluan.

"Potensi politik uang (besar) di tengah kesulitan ekonomi apalagi saat ini masa pandemik covid-19. Kalau masyarakat berpikir pragmatis, kemungkinan potensi politik uang semakin besar. Tetapi, saya berpesan bahwa pemberi maupun penerima itu sama-sama dihukum. Inilah yang menjadi tugas kita, tugas kampus untuk menyampaikannya ke masyarakat luas," jelas Abhan.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan lembaga negara dan organisasi memiliki peranan penting dalam keberlanjutan proses demokrasi di Indonesia.

"Dengan kesepakatan kerja sama ini, Unhas secara langsung ikut berperan aktif dan bersinergi untuk keberlangsungan demokrasi Indonesia yang berintegritas, utamanya dalam menghadapi era kebiasaan baru," tuturnya.

Dia berharap, ke depan semakin memperkuat sinergitas Unhas sebagai perguruan tinggi dengan pemerintah guna mewujudkan politik ke ranah yang ideal dan mengedepankan hak dan tanggung jawab sesuai porsinya.

Editor: Ranap THS
Naskah : M Chaidir Pratama (Humas Bawaslu Sulawesi Selatan)
Fotografer : Irwan Surya Darmawan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu