• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Ingatkan Pengawas Selalu Bawa Form A Saat Pungut Hitung

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat memberi arahan kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Gresik, Jumat, (4/12/2020).

Gresik, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Seluruh jajaran pengawas yang akan mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Serentak 2020, diingatkan untuk selalu membawa Form A hasil pengawasan.

Hal itu dikatakan oleh Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat tatap muka dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Gresik, Jumat, (4/12/2020).

“Bapak Ibu kemana saja bawa wajib From A. Tulis temuan di From A. Dokumen From A paling penting. Itu yang harus juga diketahui oleh Pengawas Kelurahan Desa (PKD),” ungkapnya.  

Menurut Fritz, Form A merupakan dokumen yang sangat penting. Selain berisi data pengawasan, juga akan berguna jika ada dugaan pelanggaran etik, administrasi dan pidana selama tahapan.

“Bahkan bisa sampai ke Mahkamah Konstitusi. Maka jangan sampai tulisan atau data dalam form A itu kurang jelas. Karena nantinya bisa merepotkan,” tuturnya.

Selain itu, pria kelahiran Medan, Sumatera Utara ini meminta panwascam berani bertindak dan cermat dalam melakukan pengawasan. Karena jelang pemungutan suara, tantangan yang dihadapi oleh panwascam memang tambah berat. Tapi harus dihadapi dengan keberanian dan ketegasan.

“Anda harus berani. Kalau misalnya ada yang menghalangi kerja pengawasan, maka kita harus berani mengatakan dengan tegas. Saya Panwascam, Anda Siapa?. Itu harus tegas. Kalian semua bukan kaleng-kaleng. Sudah disumpah dan memiliki kewenangan,” terangnya.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu