• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz: Banyak Manfaat, Siwaslu Harus Dipertahankan

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat menjadi narasumber dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/10/2019) sore/Foto: Hendi Purnawan

Bekasi, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar berharap kinerja aplikasi Siwaslu (sistem pengawasan pemilu) pada Pemilu 2019 harus dipertahankan. Menurutnya, kehadiran Siwaslu membawa banyak manfaat, salah satunya memudahkan Bawaslu dalam melihat segala macam dinamika yang terjadi pada saat hari pemungutan suara.

"Saya melihat Siwaslu jauh lebih baik. Ini perlu dipertahankan. Karena ekspektasi publik sudah tinggi sekali," katanya dalam Diskusi Evaluasi Penggunaan Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/10/2019) sore.

Manfaat lain, sambung Fritz, Siwaslu sangat berguna dalam sidang Perkara Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Ketika itu, majelis hakim beberapa kali menggunakan data dari Bawaslu dalam menyajikan data hasil perolehan suara peserta pemilu yang sedang berperkara. Juga sebagai bahan pertimbangan majelis dalam mengambil keputusan.

"Selama ini hanya ada data pemohon dengan data KPU. Lalu pada pemilu 2019 ada data pemohon, KPU, dan Bawaslu. Ini merupakan terobosan yang luar biasa," pujinya.

Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu ini mengakui, Siwaslu belum sempurna. Karena beberapa kali mengalami kendala ketika input banyak data dalam waktu yang hampir bersamaan. Beruntung, akunya, segala macam persoalan yang muncul berhasil ditangani dengan baik oleh Bawaslu.

"Siwaslu membawa kita pada kelas yang baik yang pernah kita capai. Siwaslu membuat proses pesta demokrasi lebih berwarna dan mengikuti perkembangan tekhnologi yang ada," tukasnya.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu