• English
  • Bahasa Indonesia

Fritz Ajak Mahasiswa Unugiri Terlibat Awasi Pemilu

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menjadi pembicara dalam Kuliah Umum dengan tema Regulasi Pengawasan Pemilu, di Bojonegoro, Jawa Timur Rabu (12/01/2022).

Bojonegoro, Badan Pengawas Pemilihan Umum -
Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar mengajak mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro (UNUGIRI) terlibat aktif mengawasi pemilu. Hal ini ia sampaikan saat mengisi Kuliah Umum dengan tema Regulasi Pengawasan Pemilu, di Bojonegoro, Jawa Timur Rabu (12/01/2022).

“Inilah saatnya mahasiswa UNUGIRI ini juga mengambil peran aktif mengawasi pemilu dan pilkada dari seluruh tahapan yang ada,” tambahnya.

Dikatakan Fritz, ruang partisipasi masyarakat terbuka pasca reformasi dan perubahan regulasi pengawasan pemilu. Dahulu presiden dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Kepala daerah pernah ditunjuk. Kemudian berubah lagi. Bahkan pernah hanya memilih partai politik dan bakal calonnya.

"Sekarang itu kita sudah bisa langsung memilih calon secara terbuka eksekutif dan legislatif, kepala daerah dipilih langsung, bahkan bisa maju secara independen,” terangnya.

Selain itu, sambung Fritz, salah satu hak penting yang dirasakan setelah reformasi adalah soal kebebasan berekspresi yang disebut dengan Freedom of Exspresion. Kebebasan orang berbicara, berekspresi yang dahulu belum didapatkan.

"Saat ini kita dihadapkan dengan pilihan. Apakah itu kita gunakan hak kebebasan berbicara atau tidak. Inilah saatnya mahasiswa UNUGIRI berperan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kuliah umum di UNUGIRI adalah rangkaian dari monitoring, pendampingan dari Bawaslu RI kepada Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota untuk memastikan inovasi, semangat dan persiapan pengawasan pemilu 2024.

Foto dan Teks : Bawaslu Provinsi Jawa Timur
Editor : Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu