• English
  • Bahasa Indonesia

Dewi: Belum Ditetapkannya Jadwal Pemilu Berpotensi Munculkan Masalah Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo memandang belum ditetapkannya jadwal pemungutan suara untuk pemilu, berdampak pada minimnya waktu persiapan penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) dalam menyusun aturan pelaksanaan. Menurutnya, apabila Pemilihan Legislatif (pileg) dilaksanakan pada bulan Mei 2024 dan Pemilihan di bulan November 2024, maka akan banyak irisan tahapan yang berpotensi menimbulkan masalah.

Semisal ungkap Dewi, tahapan pelantikan anggota DPRD terpilih akan beririsan dengan masa pendaftaran kepala daerah. Yang mana pencalonan kepala daerah baru bisa terlaksana jika partai politik pengusung sudah mempunyai kursi di DPRD.

Sebagaimana dijelaskan dalam undang-undang tentang pemilihan gubernur bupati dan wali kota mengatur bahwa partai politik atau gabungan parpol dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD. Selain itu pencalonan juga bisa dilakukan dengan 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota DPRD di daerah yang bersangkutan

"Hal ini berpotensi menimbulkan ketidakpastian terkait dengan hasil pemilu mana yang akan digunakan sebagai dasar pengajuan/pendaftaran kepala daerah," kata Dewi, Senin (15/11/2021).

Untuk itu, Mantan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah itu mendorong adanya percepatan penetapan jadwal Pemilu 2024. Dengan jadwal pemilu ditetapkan mempertimbangkan upaya meminimalisir irisan tahapan, atau setidaknya sesuai dengan usulan KPU pada bulan Februari 2024.

"Ini karena pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah menggunakan hasil Pemilu 2024," katanya.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu