• English
  • Bahasa Indonesia

Dekatkan Isu Pemilu ke Masyarakat, Bawaslu Akan Hadir di Jalan Setiap Akhir Pekan

Bawaslu on Car Freeday di Jalan MH Thamrin, Minggu (17/12/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menjelaskan Bawaslu akan hadir setiap minggunya dalam Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD). Kegiatan tersebut, kata Lolly, guna mendekatkan isu kepemiluan ke masyarakat.

Hadirnya Bawaslu saat CFD, kata Lolly, akan menjadi teman berdiskusi, interaksi, dan edukasi, serta berbagi informasi kepada seluruh masyarakat saat pelaksanaan CFD di sepanjang Jalan MH Thamrin.

"Pemilu pada hakikatnya adalah milik seluruh warga negara. Berbagai informasi yang harus diketahui publik hadir di sini, berbagai kegundahan, kegalauan, penasaran atau ketidaktahuan berkenaan dengan sesuatu, baik yang melanggar atau tidak melanggar silakan ada tim Bawaslu yang akan menjadi teman berdiskusi," ujarnya saat agenda Bawaslu on Car Freeday di Jalan MH Thamrin, Minggu (17/12/2023).

Terlebih, ujar Srikandi pengawasan itu, saat tahapan kampanye berbagai potensi pelanggaran sangat mungkin terjadi, maka juga harus diawasi oleh seluruh masyarakat.

"Semakin banyak masyarakat yang sadar bergerak untuk melakukan pengawasan, maka kualitas pengawasan tentu akan semakin baik. Rakyat punya tanggung jawab untuk melakukan pengawasan secara partisipatif, jika menemukan dugaan pelanggaran tidak usah ragu lapor ke Bawaslu," pintanya.

Lolly berharap dengan hadirnya Bawaslu saat CFD masyarakat semakin paham aturan dalam pemilu, juga mereka semakin peduli terhadap suara atau hak pilih mereka.

Harapannya juga, kata Lolly, masyarakat berani melaporkan jika menenukan dugaan pelanggaran pemilu.

"Harapan kami, setiap akhir pekan Bawaslu hadir di jalanan, mereka akan semakin terhubung dan tau cara melaporkan saat menemukan dugaan pelanggaran. Bawaslu on Car Freeday ini akan dilakukan sepanjang hari minggu, sampai masa kampanye selesai," jelasnya.

Editor: Hendy Poernawan
Foto: Bhakti/ Jaa/ Robi/ Ranap

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu