• English
  • Bahasa Indonesia

Dampingi Pengelolaan Keuangan Daerah, Bawaslu Targetkan Seluruh Kabupaten/Kota Jadi Satker Tahun Depan

Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Bawaslu Pakerti Luhur memberikan sambutan dalam kegiatan Pendampingan Pengelolaan Keuangan pada Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatra Selatan dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kita se-Provinsi Sumatra Selatan yang berlangsung di Palembang, Jumat (10/3/2023)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Palembang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu RI melakukan pendampingan pengelolaan keuangan bagi Bawaslu daerah (Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota). Selain itu, Bawaslu terus menginventarisir kebutuhan dan permasalahan agar tahun mendatang ditargetkan seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota di Indonesia dapat menjadi satuan kerja (satker). Hal ini diungkapkan Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Bawaslu Pakerti Luhur Luluk.

Lelaki yang biasa disapa Luhur ini mengatakan pendampingan pengelolaan keuangan dilakukan untuk Bawaslu Sumatra Selatan (Sumsel) dan Sumatra Utara (Sumut). Hal ini bertujuan agar menghindari kesalahan sekaligus memahami detail pengelolaan keuangan melalui Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI).

"Hal yang tidak baik jangan diulang. Kegiatan ini semacam konseling yang diskusinya sifatnya kasus-kasus yang ada. Hal-hal yang belum dimengerti bisa ditanyakan terutama dalam aplikasi SAKTI," katanya saat membuka kegiatan Pendampingan Pengelolaan Keuangan pada Sekretariat Bawaslu Provinsi Sumatra Selatan dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kita se-Provinsi Sumatra Selatan yang berlangsung di Palembang, Jumat (10/3/2023).

Dia menyatakan jajaran Bawaslu di Sumsel perlu menggambarkan kondisi riil dalam pengelolaan keuangan. "Sehingga tahu apa yang bisa kami 'support'," serunya.

Luhur menambahkan, kegiatan ini sekaligus upaya mempercepat proses pembuatan satker bagi Bawaslu Kabupaten/Kota  "Di Sumsel ini akan diinentarisir mana saja dan kendalanya apa. Harapan kita seluruh kabupaten/kota sudah menjadi satker tahun depan," sebut dia.

Dalam acara ini hadir Anggota Bawaslu Sumsel Kurniawan didampingi Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu Sumsel Rahmat Fauzi Mursalin. Ada pula dua narasumber dari Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan (SITP) Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan yakni Faiz Al Azhar dan Maulana Malik Ibrahim. Sedangkan peserta merupakan koordinator sekretariat, kasek, dan staf pengelola keuangan dari Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sumsel.


Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Tumpal

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu