• English
  • Bahasa Indonesia

CPNS Bawaslu Diminta Kerja Jujur, Adil, Mandiri, dan Berintegritas

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro saat memberikan pengarahan memberikan arahan kepada CPNS Bawaslu yang mengikuti pelatihan dasar (Latsar) oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan, serta Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Makassar, Kamis 12 September 2019/Foto: Irwan

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bawaslu diminta untuk jujur, adil, mandiri, dan berintegritas dalam bekerja dan mengabdi untuk negara sebagai pengawas pemilu. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro mengungkapkan, empat sikap tersebut sesuai dengan lagu ‘mars pengawas pemilu’ yang dia ciptakan.

“Jadi dalam lagu mars pengawas pemilu yang saya ciptakan terdapat kalimat jujur, adil, mandiri, dan berintegritas. Nah makna itu yang harus ditiru oleh para CPNS Bawaslu. Sebagai Lembaga yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, empat sikap tersebut wajib dimiliki,” jelasnya saat memberikan arahan kepada CPNS Bawaslu yang mengikuti pelatihan dasar (Latsar) oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan, serta Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Makassar, Kamis (12/09/2019).

Baca juga: 80 CPNS Bawaslu dari 14 Provinsi Ikut Latsar di Makassar 

Secara rinci Gunawan memaparkan, jujur merupakan sikap terdepan yang harus dipegang teguh sebagai bagian pengawas pemilu. Kemudian, diikuti kata ‘adil’ yang baginya sering kali disematkan dalam mengambil sebuah keputusan yang melibatkan dua pihak atau lebih.

Lalu, mandiri merupakan sikap yang tidak boleh dipengaruhi oleh siapa pun. Dan, Gunawan mendefinisikan integritas adalah kualitas kejujuran dan prinsip moral di dalam diri seseorang yang dilakukan secara konsisten dalam kehidupannya secara menyeluruh, terutama dalam mengawal pelaksanaan pemilu dan pilkada yang bersentuhan langsung dengan masyarakat luas.

“Jadi saya minta empat sikap itu harus dipegang teguh oleh saudara semua sebagai CPNS Bawaslu,” tegas Gunawan.

Baca juga: Fritz: Belum Ada Pegawasan Pemilu Sebaik Sekarang 

Tidak lupa, Gunawan mengajak para CPNS Bawaslu rajin membaca dan menulis serta melahirkan karya sendiri ketika memiliki waktu luang. Menurut pandangannya, membaca dan menulis adalah kekuatan dalam meningkatkan kualitas berpikir dan mengingat.

“Ayo lahirkan terobosan-terobosan yang dinilai dan dikenang baik orang dengan rajin membaca dan penulis. Contoh karya saya pribadi yang berjudul 'Pengawasan Pemilu Partisipatif' yang kemudian dinobatkan sebagai juara kedua dalam kategori buku terbaik tahun 2019 bidang pemilihan umum,” ungkapnya.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Irwan

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 24 September 2019 WIB
To event remaining 3 days
Tempat :
Mabel POLRI, Jakarta
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Surabaya
Waktu:
Minggu, 22 September 2019 WIB
To event remaining 1 day
Tempat :
Bali
Waktu:
Sabtu, 21 September 2019 WIB
The upcoming date less then 1 day.
Tempat :
Bali
Waktu:
Jumat, 20 September 2019 WIB
Tempat :
Bali

Video Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu