• English
  • Bahasa Indonesia

Buka SKPP Gorontalo, Dewi: Pemilu Berkualitas yaitu yang Diawasi Rakyat

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat membuka SKPP di Gorontalo menegaskan pemilu yang berkualitas yang ikut diawasi rakyat, Jumat (10/1/2021).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo menyampaikan pemilu tanpa partisipasi masyarakat tidak akan mencapai kualitasnya, sebab pemilu itu adalah pengawasan oleh rakyat. Hal itu disampaikannya saat membuka Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) tingkat dasar tahun 2021 di Gorontalo, Jumat (01/10/2021).

"Lembaga Bawaslu yang dibentuk dari pusat sampai daerah bahkan sampai TPS itu sebenarnya tidak mengambil sepenuhnya fungsi-fungsi pengawasan oleh rakyat, karena yang bisa mengawasi proses dan menjamin haknya tersalurkan dengan baik itu adalah pemilik daulat rakyat itu sendiri," tegasnya.

Untuk itu, Srikandi pengawasan itu meminta para peserta SKPP memanfaatkan wadah tersebut untuk menimba ilmu agar mengetahui proses-proses pengawasan pemilu atau pemilihan.

"Kedepannya peserta SKPP diharapkan dapat menjalankan tugas dengan memberi informasi serta pemahaman kepada masyarakat tentang partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu," kata Dosen Tata Negara, Fakultas Hukum Universitas Tadulako Universitas Tadulako tersebut.

Penulis dan foto: Humas Bawaslu Gorontalo

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu