• English
  • Bahasa Indonesia

Buka SKPP di Bulukumba, Afif Harap Nilai Pengawasan Dapat Terpatri dalam Generasi Muda

Anggota Bawaslu M Afifuddin saat memberikan pengarahan dalam saat membuka SKPP Zona IV di Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu, 21 Agustus 2021/Foto: Humas Bawaslu Kabupaten Bulukumba

Bulukumba, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin berharap alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) dapat membumikan nilai pengawasan pemilu atau pilkada di tengah masyarakat. Menurutnya generasi muda perlu memahami secara mendalam nilai pengawasan untuk mencerahkan masyarakat.

"SKPP ini dilakukan agar nilai pengawasan dapat terpatri dalam diri generasi muda, sehingga kedepan semakin banyak yang tergerak untuk melakukan pengawasan," ujarnya saat membuka SKPP Zona IV di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu, (21/8/2021).

Afif mengungkapkan kader pengawas tidak harus bercita-cita menjadi penyelenggara. Namun yang terpenting dapat membumikan perspektif pengawasan pemilu kepada masyarakat.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar-lembaga Bawaslu ini berharap dengan banyaknya masyarakat khususnya generasi muda yang mengetahui tugas penyelenggara pemilu, maka pembangunan demokrasi bisa lebih baik.

“Kita perlu melakukan pencegahan sehingga orang-orang semakin tahu bahwa berita hoaks tidak boleh disebarkan dan isu SARA sangat membahayakan. Dengan demikian kinerja penyelenggara semakin ringan dan pemilu semakin berkualitas," tuturnya.

“Terselenggaranya SKPP ini diharapkan dapat melahirkan alumni yang dapat menjadi mata, telinga Bawaslu yang akan lantang berteriak tolak politik uang, lantang melawan berita-berita bohong, dan lantang dalam menolak politisasi SARA," Afif menambahkan.

Sementara Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi mengatakan kampanye politik uang harus dimulai dari desa. Dia mengaku, Bawaslu Sulsel pun terus mendorong terbentuknya Desa Pengawasan dan Anti Politik Uang, Bawaslu melihat di Desa ada proses-proses demokrasi yang harus ditata dengan baik sehingga tidak kontra dengan proses-proses yang terjadi di pusat.

Penulis/Foto: Muh. Ashar (Humas Bawaslu Kabupaten Bulukumba)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu