• English
  • Bahasa Indonesia

Berikan Tiga Kategori Penghargaan Pengelola Keuangan Provinsi Tahun 2020, Sekjen Bawaslu Ingatkan Tahun 2021 Lebih Berat

Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro sambutan dalam penutupan acara Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Bawaslu Tahun 2020, Rabu (17/2/2021) di Kota Batu, Jawa Timur/Foto: Humas Bawaslu RI

Kota Batu, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Gunawan Suswantoro memberikan penghargaan dalam pengelolaan keuangan Bawaslu tingkat provinsi dalam tiga kategori. Menurutnya penghargaan diberikan guna mengapresiasi kerja keras satuan kerja (satker) Bawaslu Provinsi.

Sekjen Bawaslu mengharapkan kegiatan ini memacu kinerja tata kelola keuangan yang lebih baik lagi. "Penghargaan ini akan dibagi tiga kategori, semoga yang meraih penghargaan bisa meningkatkan prestasinya dan yang belum dipanggil nama-namanya berjuang lebih keras untuk kesempatan akan datang," katanya dalam acara Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Bawaslu Tahun 2020, Rabu (17/2/2021) di Kota Batu, Jawa Timur.

Penghargaan pertama adalah penyusunan laporan keuangan. "Ada pun penilaian ini terdiri dari pertama rekonsiliasi dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) mitra kerja bulan Mei sampai dengan Desember tahun 2020. Kedua, penyusunan dan penyampaian laporan keuangan tahunan, dan ketiga dari kesalahan pencatatan," terangnya.

Satker Bawaslu Provinsi yang masuk nominasi antara lain Sekretariat Bawaslu Sumatra Utara, Kalimantan Tengah, Riau, Sumatra Barat, dan Kepulauan Bangka Belitung. Dengan tiga alat penilaian, penghargaan tersebut diberikan kepada Sekretariat Bawaslu Sumatra Utara sebagai satker terbaik pertama. Lalu, Bawaslu Sumatra Barat meraih penghargaan satker terbaik kedua diikuti Bawaslu Riau pada urutan ketiga.

Penghargaan kategori kedua, lanjut Gunawan, yakni penilaian Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK). Dia menjelaskan, penghargaan ini menggunakan alat penilaian berupa pengisian kertas kerja berdasarkan penghitungan, pengisian, dan penentuan kelemahan dengan berpedoman kepada PIPK. Gunawan menyatakan, alat uji kedua adalah simpulan penilaian atau objektivitas penilaian berdasarkan ketepatan pengambilan keputusan dalam menentukan kelemahan sesuai dengan kelengkapan atribut dan dokumen juga kondisi lingkungan kerja yang sebenarnya.

Penerima penghargaan kategori ini adalah Satker Bawaslu Sumatra Utara di peringkat pertama, Bawaslu Bangka Belitung diurutan kedua, dan Aceh meraih penghargaan ketiga. "Ketiga satker tersebut mampu menyelesaikan masalah umum PIPK seperti pengisian kertas kerja, perubahan personil, pengumpulan dokumen, dan penentuan kelemahan," kata alumni doktor dari Universitas Padjadjaran tersebut.

Terakhir, Bawaslu memberikan penghargaan untuk Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran(IKPA) dan Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA). Penghargaan untuk IKPA dan EKA ini dibagi atas tiga kategori lanjutan. Dia menunjuk penghargaan hasil Penilaian IKPA dan EKA kategori I diberikan kepada Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua. Sedangkan kategori II diraih oleh Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Bengkulu. Kategori III penghargaan diberikan kepada DKI Jakarta, Kepulauan Bangka Belitung, dan Bali.

Dalam menutup acara, Gunawan mengharapkan kinerja Satker Bawaslu Provinsi tidak menurun di Tahun 2021, meskipun kerja-kerja khusus masa pemilu dan pemilihan (pilkada) sudah tak ada. Gunawan memberikan tantangan agar Satker Bawaslu Provinsi bisa melakukan kreatifitas pendidikan pengawasan pemlu.

"Tahun 2021 ini lebih berat lagi, karena menuntut Bawaslu lebih kreatif untuk menjaga prestasi, termasuk dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan yang baik dan benar," pintanya.

Sekjen Bawaslu juga memberikan apresiasi kepada staf pengelola keuangan yang telah bekerja keras. Begitu juga staf calon pegawai negeri sipil (CPNS) Bawaslu yang langsung membantu kerja-kerja penegakan hukum pengawasan dan pelaporan keuangan. Dia mengaku akan mendukung seluruh staf yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

"Saya memberikan dukungan kepada staf yang berdedikasi, berkomitmen, dan memiliki keinginan terus belajar," pungkasnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Andrian Habibi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu