• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Sulbar Kecam Aksi Perundungan Salah Satu Tim Pemenangan Paslon Saat Ditertibkan

Mamuju, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Fitrinela Patonangi mengecam keras oknum tim pemenangan salah satu pasangan calon yang melakukan tindakan tidak menyenangkan kepada Anggota Bawaslu Kabupaten Mamuju Mustikawati, saat pengawasan kampanye di Kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju, Senin (26/10/2020).

"Saya selaku Kordiv Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Sulbar sangat-sangat menyayangkan hal itu. Apalagi dia (Mustikawati) adalah perempuan. Tentu saya mengecam keras," tegas Fitrinela, Rabu (28/10/2020).

Menurutnya tindakan oknum tim pemenangan salah satu paslon yang menarik-narik hingga menunjuk Anggota Bawaslu Kabupaten Mamuju Mustikawati pada saat dilakukan peneguran sangat tidak pantas. Apalagi yang bersangkutan adalah perempuan.

Hal itu berawal, ungkap Fitri saat Bawaslu Kabupaten Mamuju melakukan pengawasan kampanye, ditemukan masih banyak anggota tim pemenangan dari salah satu paslon tidak mengindahkan aturan protokol kesehatan.

Padahal jelas, aturan terkait itu sudah diatur dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas PKPU Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Jika ketentuan tersebut dilanggar, Bawaslu akan memberikan peringatan tertulis. Apabila tak diindahkan maka pengawas memiliki hak untuk membubarkan dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan," tegasnya.

Untuk itu kedepannya dia berharap, agar para paslon dan tim pendukungnya tetap berkomitmen menerapkan kepatuhan pada protokol kesehatan sesuai dengan yang diatur dalam PKPU.

Penulis : Bawaslu Provinsi Sulbar
Editor : Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu