• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Malaka Raih Peringkat Pertama Penulisan Legal Opini Se-NTT

Ketua Bawaslu Malaka Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek saat menerima penghargaan peringkat pertama penulisan legal opinion oleh pimpinan Bawaslu Bawaslu NTT, Sabtu 12 September 2020/Foto: Humas Bawaslu Malaka

Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu Kabupaten Malaka meraih peringkat pertama dalam penulisan legal opini yang diselenggarakan Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam kegiatan Rapat Kerja Teknis Advokasi Pendampingan Hukum untuk 22 Kabupaten/Kota se- Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kupang, Sabtu (12/9/2020).

Ketua Bawaslu NTT, Thomas Mauritius Djawa menyerahkan langsung piagam penghargaan kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek. "Kegiatan yang diikuti ini merupakan kegiatan advokasi pendampingan hukum yang pematerinya dari Bawaslu Provinsi NTT, akedemisi, serta tim Juri. Bawaslu Malaka keluar sebagai peringkat pertama atau yang terbaik dalam penulisan legal opini dalam rangka advokasi dan pemberian bantuan hukum," jelas Petrus.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut Bawaslu Malaka diwakilkan antara lain: Petrus Nahak Manek sebagai Ketua Bawaslu Malaka sekaligus sebagai Koordinator Divisi (Kordiv) HP3S, Petrus Kanisius Nahak sebagai Kordiv PHL, dan Wilfridus Son Lau sebagai staf teknis Bawaslu Malaka.

Bawaslu Matim Peringkat Kedua
Dalam kegiatan ini, Bawaslu Kabupaten Manggarai Timur (Matim) meraih penghargaan sebagai peserta terbaik kedua dalam penulisan 'legal opinion' untuk advokasi dan pemberian bantuan hukum. Ketua Bawaslu Provinsi NTT, Thomas Mauritius Djawa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua peserta.

“Penyusunan legal opinion ini akan berguna bagi Bawaslu Kabupaten/Kota terutama dalam memberikan bantuan hukum di Kabupaten/Kota masing-masing. Pemberian apresiasi ini bertujuan memotivasi setiap peserta untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan dalam membuat legal opinion," akunya.

Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Matim, Jefri Guido Bedo mengapresiasi kerja sama tim hukum Bawaslu Matim yang telah meningkatkan kemampuannya membuat legal opinion dalam menghadapi permasalahan hukum yang mungkin akan terjadi terkait tugas dan wewenang Bawaslu Kabupaten/Kota di kemuadian hari.

Dirinya mengaku, peserta kali ini dikomandoi Ketua sekaligus Koordinator Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Zakarias Gara dan staf teknis Divisi Hukum, yaitu Yosef Freinademetz Jehoman.

Editor: Ranap THS
Penulis: Poly Manek (Humas Bawaslu Kabupaten Malaka) dan Yosef F Jehoman (Humas Bawaslu Kabupaten Manggarai Timur)
Fotogrfer: Sius Bria Seran dan Yosef F Jehoman (foto bawah)

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu