• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Harap Koalisi Masyarakat Sipil Lawan Disinformasi Pemilu

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam acara Collabs Fast di Sarinah, Jakarta Sabtu (23/12/2023).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Lolly Suhenti menyampaikan persoalan disinformasi pemilu yang selama ini terjadi akan diperangi bersama dengan pemerintah, penyelenggara pemilu, platform media sosial dan koalisi masyarakat sipil lawan disinformasi. Menurutnya, disinformasi pemilu merupakan persoalan bangsa dan harus dilawan bersama.

“Disinformasi pemilu maupun pemilihan kepala daerah harus dilawan oleh semua orang yang cinta Indonesia,” katanya dalam acara Collabs Fast di Sarinah, Jakarta Sabtu (23/12/2023).

Lebih lanjut, kata Lolly, hasil kolaborasi dalam memerangi disinformasi selama ini, Bawaslu perlu menyampaikan kemajuan yang terjadi. “Kemudahan koordinasi antar kementerian/lembaga, dengan BSSN dan Kominfo misalnya. Hasil patroli pengawasan siber disampaikan ke Bawaslu setiap harinya, sehingga dapat ditindaklanjuti dengan cepat,” ujarnya.

Dikatakan Lolly, koalisi masyarakat sipil dalam hal ini mafindo, cek fakta, perludem dan lainnya yang sudah memberikan komitmen dan dedikasinya selama ini. “Jadi kalau ada masyarakat yang merasa pemilu sekarang tidak sepanas pemilu periode sebelumnya, padahal arus informasi di media sosial sangat deras, ini merupakan hasil kolaborasi multi pihak,” jelasnya.

Ia pun mendorong masyarakat khususnya generasi muda bijak dalam menggunakan media sosial, media digital dan media elektronik. “Perdebatan, adu gagasan bahkan adu propaganda dalam informasi kepemiluan sangat mudah. Jadi kita harus mengidentifikasi informasi yang benar atau informasi yang katakanlah disinformasi. Bisa jadi kita tanpa sadar menjadi kelompok orang yang menyebarkan misinformasi,” ucapnya.

Ia pun menjelaskan, melawan disinformasi menjadi penting dan krusial karena saat ini sudah memasuki tahapan kampanye. Informasi yang tujuannya menyesatkan dan menimbulkan kebingungan akan berdampak negatif.

“Maka disinformasi harus kita lawan, sebelum menyebarkan informasi melalui media sosial, perlu dicek terlebih dahulu kebenarannya,” jelas Lolly.

Editor: Hendi Purnawan
Foto: Abdul Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu