• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Akan Jalin Kerja Sama dengan Media untuk Literasi Kepemiluan dan Pengawasan Partisipatif

Empat pimpinan Bawaslu (kanan) saat berdiskusi dengan jajaran pimpinan dan redaksi Media Group di kantor Metro TV, Jakarta, Jumat 17 Juni 2022/Foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Bawaslu akan menjalin kerja sama dengan berbagai media massa, di antaranya Media Group dan TV One.  Kerja sama tersebut dalam rangka meningkatkan literasi kepemiluan dan pengawasan partisipatif oleh media massa.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menambahkan Bawaslu juga akan bekerja sama soal pemberitaan yang baik dan menyejukan. "Alhamdulillah Metro TV dan Media Group menyambut baik kedatangan kami. Ke depan  kita harus mementingkan kerja sama dalam hal menjelaskan kepada masyarakat mana informasi benar  dan mana tidak benar alias hoaks," kata Bagja di Gedung Metro TV Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Bawaslu Mendengar Minta Keterlibatan Aktif Mahasiswa Awasi Pemilu 

Bagja berharap dengan adanya kerja sama dengan media mainstream dalam menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 dapat membangun demokrasi. Terlebih, kata Bagja dalam membantu Bawaslu melawan berita bohong (hoaks) yang banyak di media sosial.

"Kami berharap seluruh pemberitaan dapat membangun demokrasi di Indonesia dan dari pembicaraan tadi akan mengadakan beberapa kerjasama terutama literasi digital," ujarnya.

News Director and  Editor in Chief Metro TV Arief Suditomo menyatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan Bawaslu, baik dalam literasi digital maupun dalam hal pengawasan.  "Intinya kami siap pak bekerja sama. Kami siap menjadi partner pengawasan dan itulah fungsi kami dan untuk MoU kami juga siap pak," ucapnya.

Baca juga: Sambangi Antara, Bawaslu Jelaskan Peran Penting Media Cegah Disinformasi 

Saat kunjungan ke media, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja didampingi anggota Bawaslu Lolly Suhenty, Puadi, dan Herwyn J.H. Malonda, dan jajaran kehumasan Bawaslu. Kedatangan ke Media Group juga disambut oleh Nunung Setiyani dari Deputi News Director Metro TV, Ade Alawi Deputi Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Indra Maulana, Pemimpin Redaksi Medcom.id, dan Dian Rohaeni dari Head of News Sekretariat Metro TV.

Sementara itu, saat di TV One tim Bawaslu diterima Vice Chief Editor Hard News Totok S, GM News Gathering & Daily Ecep S Yasa, Manager News Gathering Cahyo Junaedy, Manager News Production Silvester Keda, Manager Visual News Gathering Mochamad Ichwan. Disambut pula oleh Redaktur Ekonomi dan Bisnis Taufik Zulkarnaen dan Manager Hard News Talkshow Eduarduas Karel.

Editor: Ranap THS

Fotografer: Robi Ardianto

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu