• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Minta Seluruh Jajaran Bawaslu Tingkatkan Kapasitas sebagai Humas Lembaga

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat menutup Rapat Koordonasi Nasional (Rakornas) Identifikasi Strategi Kebijakan Pengawasan Tahapan Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan di Bali, Selasa (6/12/2022) malam.

Bali, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengingatkan seluruh anggota dan jajaran Bawaslu daerah dapat menjalankan peran sebagai humas Bawaslu. Maka dia meminta seluruh jajaran dapat memanfaatkan media sosial menjadi wadah sosialisasi.

"Anda adalah humas bagi Bawaslu, kami ke depan akan melakukan berbagai program untuk meningkatkan hal ini," pesan dia saat menutup Rapat Koordonasi Nasional (Rakornas) Identifikasi Strategi Kebijakan Pengawasan Tahapan Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan di Bali, Selasa (6/12/2022).

Tidak hanya itu, Bagja menegaskan Bawaslu juga berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi seluruh jajaran pengawas pemilu. Termasuk, kata dia, cara berkomunikasi dengan multistakeholder seperti kepada kepolisian, kejaksaan, pemuka agama, dan lembaga lainnya.

"Kami berharap nanti teman-teman juga melakukan ini (memberikan pelatihan) kepada Panwascam, misalnya bagaimana berhadapan dengan tokoh agama," ujarnya.

Pelaksana tugas Pusat Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) Ibrahim Malik Tanjung dalam poin rekomendasi Rakornas menyatakan Bawaslu perlu melakukan sosialisasi secara masif mengenai seluruh proses tahapan pengawasan.

"Bawaslu perlu melakukan sosialisasi secara masif mengenai seluruh proses tahapan pengawasan dan kewenangan Bawaslu mulai dari pencegahan sampai penindakan dengan melakukan kolaborasi bersama stakeholder sebagai salah satu upaya meningkatkan kepercayaan publik," ucapnya.

Sebagai informasi, dalam menyusun program kerja pengembangan SDM dan strategi pengawasan Pemilu Tahun 2023 Bawaslu meminta masukan dari berbagai pihak, seperti anggota KPU RI Mochamad Affifuddin, pegiat pemilu Nurlia Dian Paramita dari JPPR, Yusfitriadi dari Visi Nusantara, Jefri Adriansyah dari Dignity Indonesia, Erik Kurniawan dari Sindikasi Pemilu dan Demokrasi, dan Ihsan Maulana dari Perludem. Ada juga, dari kalangan akademisi yakni Rudi Rohi dari Universitas Nusa Cendana, Dian Permata dari Universitas Ibnu Chaldun.

Editor: Reyn Gloria
Foto: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu