• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Minta Mahasiswa Ambil Peran dalam Penyelenggaraan dan Pengawasan Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat memberikan orasi ilmiah dihadapan mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Indonesia, di Jakarta, Sabtu (1/10/2020).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Rahmat Bagja berharap mahasiswa dapat mengambil peranan dalam penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu Serentak 2024. Hal itu ia katakan saat memberikan orasi ilmiah dihadapan mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Indonesia, di Jakarta, Sabtu (1/10/2020).

"Harapan Bawaslu, teman-teman dapat ikut serta dalam penyelenggaraan dan pengawasan pemilu di Indonesia. Pemilu adalah satu ajang yang sangat menentukan nasib bangsa kita lima tahun ke depan," ucapnya dalam acara Pelantikan Mahasiswa Baru Universitas Al-Azhar Indonesia Tahun Akademik 2022-2023, Kelas Karyawan dan Alih Jenjang.

Bagja berharap dengan banyaknya partisipasi masyarakat dan mahasiswa dalam pengawasan Pemilu Serentak 2024, dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu dan pemilihan.

Dalam orasi ilmiah tersebut, Bagja mengingatkan kepada mahasiswa untuk menjadi pemilih yang baik dan tidak menerima politik uang. Pasalnya, hal tersebut akan berimbas pada kebijakan yang diambil calon terpilih tersebut.

"Hati-hati dalam memilih dan tidak boleh menerima politik uang sama sekali, karena itu menentukan nasib anda ke depan dan juga anak cucu kita," tegasnya.

Selain itu, Pria kelahiran Medan 10 Februari 1980 tersebut juga berharap tidak kembali terjadi polarisasi pada Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 mendatang. Polarisasi dapat menjadi sumber perpecahan di masyarakat.

"Saya yakin, ketegangan akan terjadi pada Pemilu Tahun 2024. Tetapi sebagai sebuah refleksi Pemilu Tahun 2019, semoga ketegangan ini tidak menjadi polarisasi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara pada Pemilu 2024," harapnya.

Editor: Hendi Purnawan
Foto: Robi Ardianto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu