• English
  • Bahasa Indonesia

Bagja Ajak Generasi Z Terlibat Dalam Pesta Demokrasi

Anggota Rahmat Bagja menjadi narasumber dalam kegiatan Pendidikan Pengawasan Pemilu di Lingkungan Akademik, bertema Generasi Z dalam Pusaran Demokrasi, Pemilu, dan Pengawas Pemilu di Universitas Negeri Padang, Senin, (15/11/2021).

Padang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengajak generasi Z untuk ikut terlibat dalam setiap proses pesta demokrasi. Hal itu ia katakan dalam kegiatan Pendidikan Pengawasan Pemilu di Lingkungan Akademik, bertema Generasi Z dalam Pusaran Demokrasi, Pemilu, dan Pengawas Pemilu di Universitas Negeri Padang, Senin, (15/11/2021).

"Lingkungan pendidikan yang terdiri dari lintas generasi harus ikut terlibat dalam setiap proses demokrasi," ungkapnya.

Menurut Bagja, sebagai generasi yang akan menjadi bagian dari pemilih pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 nanti. Keterlibatan Generasi Z, khususnya yang ada di lingkungan pendikan harus bisa mengenal peran yang diembannya sebagai mahasiswa di negara Demokrasi.

"Saya rindu mahasiswa yang kritis terhadap proses bernegara. Salah satu hal yang dilakukan adalah mahasiswa ikut terlibat mengawasi jalannya pemilihan yang nantinya akan menghasilkan pemimpin yang membuat kebijakan," tegasnya.

Koordinator divisi penyelesaian sengketa ini menambahkan, mahasiswa generasi Z haruslah menyadari pentingnya ketertarikan akan 3 hal untuk menumbuhkan perhatian pada seluruh proses demokrasai di Indonesia.

Ketiga hal yang diungkapkan oleh Rahmat Bagja adalah “Buku, Cinta, dan Pesta”. Buku menunjukan tentang pentingnya pengetahuan, cinta diartikan sebagai kecintaan untuk berorganisasi, pesta menunjukan semangat mahasiswa terlibat dalam pemilihan di lingkup Universitas seperti BEM terjadi setiap tahunnya.

"Ketiga hal itu adalah awal untuk meningkatkan ketertarikan pada seluruh proses demokrasi di Indonesia," terangnya.

Dalam kegiatan ini menghasilkan sebuah Nota Kesepahaman antara Bawaslu Sumatera Barat dan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Serta Kerjasama dengan Prodi dan Jurusan yang terdapat di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.

Penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu adalah sebagai bukti Perguruan Tinggi merupakan salah satu pilihan ideal sebagai mitra Bawaslu.

Teks dan Foto : Humas Bawaslu Sumbar
Editor : Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu