• English
  • Bahasa Indonesia

Audiensi dengan Kapolri, Bawaslu Minta Personil Polri di Sentra Gakkumdu Tidak Dibebani Tugas Lain

Pemberian cenderamata Bawaslu oleh Ketua Bawaslu Rahmat Bagja kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (15/7/2022). (Foto : Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu RI)
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum -  Bawaslu melakukan audiensi dengan Polisi Republik Indonesia (Polri). Dalam kunjungannya, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja beserta Anggota Bawaslu, Lolly Suhenty, Totok Hariyono, Puadi dan Herwyn JH Malonda disambut oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran. 
 
Dalam pertemuan ini, terdapat beberapa hal yang dibahas salah satunya terkait personil Polri yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). Bawaslu meminta personil yang telah bergabung untuk fokus bekerja dalam Sentra Gakkumdu tanpa dibebani tugas lain. 
 
"Supaya lebih fokus dalam menjalankan tugas. Mengingat waktu penanganan pelanggaran yang dibatasi waktu," kata Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat audiensi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, (15/6/2022)
 
Selain itu, kata Lolly, Bawaslu ingin memastikan keamanan seluruh proses. Misalnya keamanan saat adanya penyampaian aspirasi melalui demonstrasi akibat ketidak puasan terhadap hasil pemilu. Sedangkan dalam konteks pencegahan, dia melihat Polri berperan penting untuk menekan masifnya disinformasi melalui tindakan cepat cyber crime.
 
Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu ini menambahkan, kedua belah pihak sepakat membangun kerjasama untuk penegakan hukum pemilu melalui penguatan Sentra Gakumdu dalam penanganan pidana pemilu.
 
"Kami juga melakukan kerjasama untuk penanggulangan cepat kejahatan cyber. Juga memastikan pengawasan terhadap Netralitas Polri," terangnya. 
 
Dikatakan Lolly, dalam waktu dekat akan dibuat Memorandum of Understanding (MoU) antar Bawaslu dan Polri. Hal ini dilakukan untuk dapat menjadi acuan kerja sama dengan Kepolisian hingga ke Provinsi dan Kabupaten/Kota. 
 
"Kapolri merespon baik usulan Bawaslu dengan langsung menghubungkan dengan bagian terkait, dan mendorong ada diskusi teknis lanjutannya," ujarnya. 
 
Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Deputi Bidang Teknis La Bayoni, Karo Fasilitasi Penanganan Pelanggaran Yusti Erlina dan Karo Fasilitasi Pengawasan Pemilu, Asmin Safari Lubis. Sedangkan dari pihak Polri dihadiri oleh Kabaintelkam Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kadivhumas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kadiv TIK Polri Irjen Pol Slamet Uliandi 
 
Foto: Rama Agusta
Editor: Reyn Gloria
 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu