• English
  • Bahasa Indonesia

Apresiasi Kinerja Bawaslu Daerah, Dewi Minta Penguatan Pemahaman Hukum Pemilu

Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo saat menjadi pembicara Rapat Evaluasi Sentra Gakkumdu se-Maluku di Ambon, Sabtu 28 Desember 2019/Foto: Andrian Habibi

Ambon, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Beberapa Bawaslu tingkat provinsi telah menyelenggarakan rapat kerja evaluasi Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu). Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo memberikan apresiasi kinerja Bawaslu di daerah dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Menurutnya, Bawaslu daerah yang langsung melakukan kegiatan pengawasan dan penegakan hukum.

"Keberhasilan ini karena pengawas pemilu memahami kerja-kerja pencegahan, pengawasan, dan penindakan," katanya di Kota Ambon, Sabtu (28/12/2019).

Oleh karena itu, lanjutnya, Bawaslu mendapatkan kepercayaan masyarakat nasional dan internasional dalam mengawal Pemilu 2019. Dewi merasa bangga kepada kerja Bawaslu dalam Sentra Gakkumdu mulai dari sosialisasi pengawasan partisipatif dan penanganan pelanggaran pemilu, patroli pengawasan antipolitik uang, dan penjagaan hasil pemilu.

"Itu artinya selama penyelenggaraan pemilu, pengawas-pengawas pemilu terus belajar dan menguatkan pemahaman hukum pemilu. Jadi semua kerja berjalan dengan baik untuk menegakkan hukum pemilu," ujarnya.

Dewi pun mengharapkan prestasi ini bisa bertahan dan makin baik dalam mengawasi dan menegakkan hukum pada penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Dewi mengingatkan, potensi konflik kepentingan lebih berat saat pilkada.

"Selain dari potensi dugaan politik uang, ada juga dugaan pelanggaran netralitas ASN, dan masalah lainnya. Hubungan antarpengawas dengan peserta pilkada juga memungkinkan adanya ketidaknetralan penyelenggara pemilihan," terang dia.

Perlu diketahui, acara ini diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Maluku ini dengan mengambil tema: Rapat Evaluasi Sentra Gakkumdu se-Maluku yang berlangsung Sabtu - Minggu (28-29 Desember 2019.

Dewi berharap, kerja-kerja Sentra Gakkumdu tidak terhalang oleh masalah teknis. "Tolong, kegiatan Sentra Gakkumdu didukung penuh agar pemilihan tahun 2020 berintegritas," tutupnya.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Andrian Habibi

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 3 Februari 2020 WIB
Tempat :
Makasar
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Jumat, 31 Januari 2020 WIB
Tempat :
Jakarta
Waktu:
Selasa, 4 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Selatan
Waktu:
Rabu, 5 Februari 2020 WIB
Tempat :
Sulawesi Utara

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu