• English
  • Bahasa Indonesia

Anggaran Terbatas, Fritz Ingin Bawaslu Kabupaten/Kota Semangat Untuk Belajar Kreatif

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat menjadi pembicara dalam webinar yang bertajuk Story Telling Tata Kelola Kehumasan yang diadakan Bawaslu Kota Palangka Raya bersama Bawaslu Kabupaten Kudus, dan Purworejo, Kamis (3/2/2022).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar meminta jajaran Bawaslu kabupaten/kota untuk kreatif menciptakan inovasi publikasi, meskipun di tengah keterbatasan anggaran.

Hal itu disampaikan Fritz saat menjadi pembicara kunci dalam webinar yang bertajuk Story Telling Tata Kelola Kehumasan yang diadakan Bawaslu Kota Palangka Raya bersama Bawaslu Kabupaten Kudus, dan Purworejo, Kamis (3/2/2022).

"Kalau ada Bawaslu kabupaten/kota yang merasa kesulitan di tengah keterbatasan, coba belajar dengan Bawaslu kabupaten/kota yang memiliki banyak prestasi," kata Fritz.

Koordinator divisi hukum, humas data dan informasi ini memacu Bawaslu kabupaten/kota untuk membuat kreatifitas dalam publikasi. Semisal videografi atau buku yang isinya menceritakan pengalaman kerja dan hal-hal yang menarik dari komisioner Bawaslu kabupaten/kota sejak dilantik sampai sekarang.

"Saya yakin teman-teman komisioner pasti punya kesan selama jadi pengawas, nah itu bisa juga ditorehkan dalam video," tegasnya.

Apalagi ungkap Fritz, lembaga survey terkemuka dalam rilisnya mengemukakan  bahwa lima puluh persen masyarakat Indonesia belum mengetahui pemilu diadakan 2024. Bahkan, masih banyak juga orang tidak mengetahui tugas dan fungsi dari Bawaslu dalam kepemiluan.

"Nah itu harus jadi PR kita bersama untuk mengedukasi masyarakat," pungkasnya.

Fritz pun teringat ketika dirinya sebelum menjadi Komisioner Bawaslu, pernah menjadi fasilitator Negara Jerman dengan beberapa kampus dalam negeri untuk membuat story telling, pernah dinasehati oleh seorang mentor yang amat membuatnya terkesan hingga saat ini.

"Kamu tidak perlu tahu semua hal yang kalian lakukan, tapi coba highlight satu atau dua hal yang kalian bisa buat perubahan di wilayah yang kalian lakukan," begitu kira-kira Fritz menceritakan nasehat mentornya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Fajar Saka menyatakan, semua staf dalam jajaran Bawaslu adalah humas. Maksudnya, setiap orang di dalam lingkungan Bawaslu, wajib mencitrakan tugas dan fungsi Bawaslu.

"Kita wajib mencitrakan Bawaslu secara menyeluruh di manapun berada," terangnya.

Teks: Rama Agusta
Editor : Hendi Purnawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu