• English
  • Bahasa Indonesia

Afif : Kader Pengawas Adalah Subjek Demokrasi

Anggota Bawaslu Mochamad Afifuddin memberi pengarahan kepada peserta Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) di Gresik, Jawa Timur, Rabu, (21/10/2020).

Gresik, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin menilai kader pengawas dalam Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) adalah subjek dari demokrasi. Maka perlu membumikan nilai-nilai pengawasan di kalangan milenial.

"Basis toeritik, regulasi, dan aturan yang melangit harus terus dibumikan dan di dekatkan kepada generasi milenial,” kata Afif dalam pembukaan SKPP di Gresik, Jawa Timur, Rabu (21/10).

Pria kelahirkan Sidoarjo ini menjelaskan secara ringkas tentang kewenangan Bawaslu dalam melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan. Menurutnya kerja Bawaslu membutuhkan inovasi dan kolaborasi dengan beberapa stakeholder yang terkait.

“Maka kami bikin desa anti politik uang, pojok pengawasan, sekolah kader pengawasan partisipatif,” ungkapnya.

Alumni jurusan Tafsir Hadist Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini mengutip pembagian karakter manusia dari Al-Ghazali. Dengan adanya tipologi tersebut, maka dipandang perlu melahirkan kader pengawas pemilu di masyarakat.

“Soal kemauan dan pengetahuan kadang-kadang tidak berbanding linier. Banyak orang punya inovasi, tapi tidak tahu mau berbuat apa. SKPP sebagai upaya untuk membangun sinergi dengan kader pengawas,” jelasnya.

Perlu diketahui, SKPP dilaksanakan di Gresik sejak 21-23 Oktober. Diikuti oleh 76 peserta dari delegasi 13 organisasi di Jatim. Diantaranya, Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) Jatim, Korp Putri Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (KOPRI PKC PMII) Jatim, DPD Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD GMNI) Jatim, DPD Ikatan Mahasiswa Muhammdiyah (DPD IMM) Jatim, Badan Koordinasi Korp HMI-Wati (KOHATI) Jatim, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jatim, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Jatim, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Jatim, DKD Forum Silaturahmi Santri (FORSIS) Jatim, Pusat Informasi Rakyat (PIR) Jatim, Ansoruna Business School Jatim, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Maarif Hasyim Latif (IKA UMAHA) Jatim, dan Lumbung Informasi Rakyat Kota Surabaya.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu