• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Harap Ada Inovasi Pengawasan Pilkada di Masa Pandemi

Ketua Bawaslu Abhan memberi arahan kepada jajaran pengawas dalam agenda Training Of Trainer (TOT) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pada Bawaslu kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (25/9/2020).

Pangkalpinang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan berharap seluruh jajaran Bawaslu yang mengawasi Pilkada Serentak 2020 bisa melahirkan inovasi atau terobosan dalam menjalankan tugasnya. Sebab, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 yang memungkinkan kegiatan kampanye melalui via daring.

"Maka pengawasan kampanye harus disiapkan lebih baik lagi," ucapnya saat menyampaikan sambutan dalam agenda Training Of Trainer (TOT) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Pada Bawaslu kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (25/9/2020).

Menurutnya, pengawasan tahapan Pilkada tahun ini bukan perkara mudah bagi jajaran Bawaslu. Pasalnya pengawasan pilkada tahun ini berada pada situasi pandemi Covid-19 diseluruh wilayah Indonesia. Sehingga mewajibkan seluruh pihak yang terlibat untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Hal ini juga menuntut jajaran Bawaslu harus terlebih dahulu menerapkan protokol kesehatan Covid-19," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan mengatakan, pilkada ditengah pandemi ini memaksa jajaran Bawaslu ditingkat adhoc menjadi garda terdepan dalam mengawasi tahapan pilkada.

Oleh karena itu Edi meminta agar Bawaslu kabupaten yang menyelenggarakan pilkada dapat memahami materi yang disampaikan dalam TOT. Nantinya bisa diteruskan secara maksimal ketingkat pengawas pemilu kecamatan.

"Kami berharap TOT ini bisa diikuti dengan baik, sehingga jajaran Bawaslu lebih berkualitas dalam mengawasi tahapan Pilkada 2020 hingga ketingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS)," tutupnya.

Penulis dan Foto : Bawaslu Provinsi Belitung

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu