• English
  • Bahasa Indonesia

Sarana Pembelajaran Politik, “Bawaslu Ngampus” Hadir di STISNU Cianjur

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty (keenam dari kanan) bersama peserta Bawaslu Ngampus Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Cianjur, Selasa (20/8/2024)

Cianjur, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengemukakan bahwa pengawasan yang dilakukan mahasiswa bukan hanya sebagai tindakan preventif terhadap potensi pelanggaran, melainkan juga sebagai sarana pembelajaran politik yang mendalam bagi mereka. Untuk itu, dia berharap, semangat partisipatif dalam pengawasan pemilu dan pemilihan dapat tersebar ke seluruh Indonesia. 

“Pengawasan yang dilakukan oleh mahasiswa bukan hanya sebagai tindakan preventif terhadap potensi pelanggaran, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran politik yang mendalam. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kualitas demokrasi di Indonesia,” ungkap Lolly  dalam kegiatan pengawasan partisipatif bertajuk Bawaslu Ngampus yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Cianjur, Selasa (20/8/2024).

Lebih jauh Lolly berharap kegiatan seperti Bawaslu Ngampus dapat terus berlanjut di kampus-kampus lainnya. Dengan demikian, semangat partisipatif dalam pengawasan pemilu dapat tersebar luas di seluruh Indonesia.

Menurutnya, hal ini merupakan wujud nyata bahwa Bawaslu tidak hanya fokus pada aspek teknis penyelenggaraan pemilu. Dia menegaskan, Bawaslu juga menggiatkan peningkatan kesadaran dan keterlibatan masyarakat, terutama mahasiswa, dalam proses demokrasi.

Sebagai Informasi, Bawaslu Ngampus merupakan salah satu program strategis Bawaslu yang dirancang khusus untuk mendekatkan diri dengan mahasiswa, sekaligus memberikan pendidikan politik dan sosialisasi mengenai demokrasi dan pengawasan dalam Pemilihan Serentak 2024. 

Kegiatan yang mengangkat tema meningkatkan peran partisipatif mahasiswa pada pemilihan serentak tahun 2024 ini bertujuan untuk melibatkan mahasiswa dalam pengawasan proses demokrasi di Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini juga berfokus pada peningkatan kapasitas mahasiswa dalam hal pengawasan partisipatif, sehingga mereka dapat berperan aktif dan efektif dalam proses pengawasan pemilu di daerah masing-masing.

Kegiatan Bawaslu Ngampus ini disambut antusias oleh mahasiswa STISNU Cianjur yang hadir. Mereka menunjukkan minat yang besar terhadap isu-isu kepemiluan dan pengawasan, serta berkomitmen untuk berperan aktif dalam mengawal jalannya Pemilihan Serentak Tahun 2024. 

 

Editor   : Dey

Foto       : Nofiar

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu