• English
  • Bahasa Indonesia

Perkuat Kapasitas dalam Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Lampung Gelar Pelatihan Mediator

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja Membuka Pelatihan Mediator Yang Diselenggarakan Bawaslu Provinsi Lampung, 3-8 Agustus, di Jakarta
Jakarta – Sambut Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Provinsi Lampung mengadakan pembentukan dan penguatan kapasitas jajarannya dalam implementasi dan kewenangan penyelesaian sengketa proses pemilihan dengan pelatihan mediator.
 
Acara yang berlangsung mulai 3-8 Agustus 2020 di Jakarta tersebut, dibuka oleh Anggota Bawaslu Divisi Penyelesaian Sengketa Rahmat Bagja. Adapun peserta kegiatan tersebut yakni, 3 orang pimpinan Bawaslu Provinsi Lampung, 7 orang dari 7 kabupaten non pilkada, 16 orang dari 8 daerah yang pilkada, dan 7 orang unsur sekretarian Bawaslu Provinsi Lampung.
 
Pada kesempatan itu, Anggota Bawaslu Lampung Divisi Penyelesaian Sengketa Hermansyah mengungkapkan, acara tersebut penting untuk diselenggarakan demi demi penguatan implementasi tugas dan kewenangan pada aspek sengketa Pemilu.
 
“Khususnya ajudikasi proses Pilkada 2020 di Lampung, yang memiliki beberapa potensi kerentanan sengketa,” ungkapnya.
 
Sementara itu, Anggota Bawaslu Republik Indonesia Rahmat Bagja menyatakan, disamping sebagai enpowering proses litigasi Sengketa Pemilu, kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari rencana strategis Bawaslu menghadapi tantangan ke depan.
 
“Khususnya transformasi terbentuknya peradilan Pemilu sebagaimana amanat UU 10/2016 dan UU 7/2017, sehingga diperlukan penguatan perangkat organisasi dan kapasitas SDM agar berkemampuan dalam beracara di persidangan, melalui sistem quasi ajudikasi,” jelasnya saat membuka acara.
 
Lebih lanjut, dirinya berharap agar kegiatan serupa bisa dilakukan juga oleh Bawaslu Provinsi lainnya.
 
“harapan saya, semoga kegiatan ini bias diikuti oleh Bawaslu Provinsi Lainnya,” jelasnya.
 
Untuk diketahui, Kegiatan itu  bekerja sama dengan Justitia Training Centre dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi upaya pencegahan penyebaran covid 19. 
 
Peliput : Humas Bawaslu Provinsi Lampung
Editor : Rama Agusta
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu