• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Awasi PSU, Polda Papua Siap Amankan PSU Pilbup Boven Digoel

Ketua Bawaslu Abhan (kiri) bersama Anggota Bawaslu Rahmat Bagja (kanan) menemui Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri (tengah) dalam koordinasi pengamanan PSU Boven Digoel di Jayapura, Kamis (15/7/2021)/foto: Publikasi dan Pembeeitaan Bawaslu RI

Jayapura, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan bersama Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menyampaikan program supervisi pengawasan pemungutan suara ulang (PSU) kepada Kepolisian Republik Indonesia Daerah (Polda) Papua. Bawaslu, kata Abhan sudah menyiapkan tim supervisi untuk dukungan moril kepada Pengawas Pemilihan untuk PSU Pemilihan Bupati dan Wakio Bupati Boven Digoel.

"Bawaslu, sebagai bentuk komitmen terhadap Putusan Mahkamah Konstitusi, dimana daerah ada PSU, Bawaslu turun melakukan supervisi pengawasan PSU seperti daerah lainnya," katanya di Mapolda Papua, Kamis, (15/7/2021).

Akan tetapi, Bawaslu tidak bisa bekerja sendirian. Abhan meminta dukungan semua pihak termasuk Polda Papua untuk memberikan dukungan keamanan selama PSU. Karena itu, Bawaslu mengharapkan PSU berjalan dengan damai dan memenuhi hak asasi rakyat untuk menggunakan hak pilih saat PSU.

"Kita harapkan tidak ada masalah baik teknis maupun non teknis selama PSU," pintanya kepada Kapolda Papua.

Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol. Mathius D Fakhiri mengatakan Polri memiliki tanggung jawab untuk mendukung demokrasi lokal yang sesuai dengan perintah perundang-undangan. Bahkan, Polda Papua sudah menyiapkan operasi dukungan untuk keamanan dan kenyamanan penyelenggaraan PSU di Boven Digoel.

"Kita (Polri) siap pasang badan," tegas Kapolda.

Kapolda Papua mengaku sudah memberikan instruksi kepada setiap Polri yang bertugas untuk memberikan perhatian penuh. Mathius tidak ingin ada potensi kerusuhan yang mengganggu perintah dari Putusan MK terkait pelaksanaan PSU tersebut.

"Kalau ada yang berniat untuk membuat kerusuhan, langsung kita proses," tegas Kapolda.

Koordinasi ini diharapkan bagian dari suksesi penyelenggaraan PSU di Boven Digoel. Supervisi ini membantu penguatan mental dan semangat pengawas pemilihan di Papua.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu bersama Anggota Bawaslu Rahmat Bagja melakukan koordinasi dengan Bawaslu Provinsi Papua untuk rencana dan teknis pengawasan

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Abd. Hamid

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu