• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Ajak PGI Deklarasi Pemilu Damai Lintas Iman

Kiri ke kanan: Ketua Umum PGI Gumar Gultom dan Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda saat melakukan pertemuan di Kantor PGI, Jakarta, Rabu 15 Februari 2023/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu melakukan pertemuan dengan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI). Pada kesempatan itu, Anggota Bawaslu Herwyn Malonda mengajak PGI bersama dengan komponen kelompok agama lain untuk melakukan 'deklarasi pemilu damai lintas iman.

Tujuan dari deklarasi tersebut, ungkap Herwyn, selain untuk menciptakan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang damai, sejuk, kondusif, berintegritas, jujur, adil, dan bermartabat, juga diharapkan dapat menangkal politisasi identitas; politisasi SARA (suku; agama; ras; dan antargolongan); serta menangkal hoaks (berita bohong).

"Kami berharap PGI bersama dengan komponen kelompok agama lain (NU, Muhammadiyah, PGI, KWI, Walubi, PHDI dan Matakin) untuk melakukan deklarasi pemilu damai lintas iman'," tutur Herwyn dalam pertemuan di Kantor PGI, Rabu (15/2/2023).

Dia pun mengungkapkan keinginan pertemuan dengan PGI ini bisa dijadikan rujukan bersama untuk menyampaikan kepada para pendeta atau tokoh umat Kristien tentang materi pemilu yang bermartabat. Apalagi PGI berdasarkan data tahun 2009, lanjutnya, mewadahi 88 gereja seluruh Indonesia.

"Saya pikir PGI yang mewadahi wadah berhimpun gereja - gereja di Indonesia, bisa dijadikan rujukan bersama untuk menyampaikan kepada para pendeta atau tkoh umat Kristiani tentang materi–materi damai, berintegritas, jujur, adil dan bermartabat pada Pemilu Serentak Tahun 2024," harapnya.

Selain itu, mantan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara juga mengajak PGI untuk melakukan sosialisasi dalam kegiatan forum warga, untuk mengajak masyarakat menciptakan gerakan pencegahan untuk setiap pelanggaran pemilu serta melakukan penguatan kerja sama dengan PGI untuk membangun literasi digital pencegahan dan pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Sementara itu Ketua Umum PGI Gumar Gultom menyambut ajakan dekorasi pemilu damai lintas agama dari Bawaslu berasama dengan komponen kelompok agama lainnya. "Saya beserta jajaran PGI menyambut baik ajakan Bawaslu untuk mengajak kami dan seluruh komponen agama lain melakukan deklarasi lintas iman," ungkapnya.

Fotografer: Rama Agusta
Editor: Ranap Tumpal

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu