• English
  • Bahasa Indonesia

Totok Harap Semangat Gotong Royong Dapat Minimalisir Perpecahan saat Pemilu 2024

Anggota Bawaslu Totok Hariyono saat menjadi narasumber diskusi bersama KIPP Depok, Kamis (13/10/2022)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Hariyono menyampaikan gotong royong antar pemangku kepentingan harus diperkuat guna meminimalisir perpecahan di tengah masyarakat. Pasalnya, kata dia, ada kemungkinan muncul beberapa konflik pada Pemilu 2024 dan itu perlu diantisipasi.

Untuk itu, menurut Totok, pengawasan tahapan pemilu ke depan akan mengedepankan pencegahan dibandingkan penindakan. Hal tersebut, ujar dia sebagai cerminan budaya gotong royong.

"Tidak ada lagi cerita mengeksplorasi isu SARA, kebencian dalam proses pemilu, karena itu bertentangan dan menciderai prinsip demokrasi yang berbasis spirit gotong royong," jelasnya dalam acara KIPP Depok secara daring, Kamis (13/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Totok menjamin Bawaslu berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga pemilu tetap transparan, jujur, dan adil. Sehingga, tambah dia, baik masyarakat hingga peserta pemilu dapat menyelenggarakan pesta demokrasi dengan sehat.

"Maka Bawaslu akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta pemilu untuk berkompetisi secara sehat, jurdil dan luber," tutur Totok.

Pria kelahiran Malang, 5 Februari 1967 mengatakan karena Bawaslu akan mengutamakan pencegahan, maka membutuhkan pendekatan kepada masyarakat, peserta pemilu, partai politik, dan pemangku kepentingan. Tujuannya, tambah Totok, untuk meminimalisir penindakan.

"Bawaslu sering keluar berdiskusi melakukan pencegahan, memberikan pemahaman kepada masyarakat, dan peserta pemilu untuk sama-sama menegakkan keadilan pemilu. Ini prinsip yang harus sama-sama kita lakukan," katanya.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu