• English
  • Bahasa Indonesia

Belajar Politik dan Demokrasi, Bawaslu Magelang Luncurkan Program Ngadem

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Saleh memberikan sambutaan saat peluncuran program Ngadem. (Foto : Humas Magelang)

Magelang, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Bawaslu Kabupaten Magelang meluncurkan program baru berbasis virtual yang diberi nama Ngadem atau ngaji demokrasi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Saleh menyampaikan kehadiran Ngadem sebagai penyegaran dari program Bawaslu Magelang dan berisi ide serta pesan demokrasi untuk pendidikan politik kepada masyarakat umum.

"Ngadem adalah wujud nyata eksistensi Bawaslu Kabupaten Magelang di tengah pandemi Covid-19 demi mewujudkan lembaga yang kuat dan bersinergi dengan masyarakat," kata Habib di saat peluncuran program Ngadem, Kamis (20/8/2020).

Habib menjelaskan nama Ngadem dipilih selain bermakna lugas juga dapat dimaknai "dapat membuat adem”. "Ngadem juga bermakna luas ngaji demokrasi, ngayahi (menjalankan) demokrasi. Melalui Ngadem Bawaslu Kabupaten Magelang mengajak masyarakat untuk ngaji atau mengkaji atau belajar bersama tentang demokrasi," ajaknya.

Perlu diketahui, Program Ngadem rencananya akan rilis setiap dua minggu sekali. Pesan Ngadem akan disampaikan lebih padat dan ringkas dengan durasi satu menit yang bertema terkait demokrasi dan pemilu secara umum, serta dilihat dari berbagai sudut pandang baik agama, budaya, adat dan tradisi luhur di Magelang.

Program ini nantinya akan menghadirkan nara sumber mulai dari pimpinan sekretariat Bawaslu Kabupaten Magelang, masyarakat umum, tokoh masyarakat, ormas, tokoh pemuda, dan lainnya.

Habib berharap, kehadiran program tersebut dapat memberikan pendidikan demokrasi sekaligus sosialisasi regulasi di tengah pandemik. “Pandemik bukan berarti harus menepi. Berusaha untuk tetap bergerak, inovatif dan produktif,” kata Habib.

Koordinator Divisi Hukum Humas dan Datin M. Dwi Anwar Kholid berharap program Ngadem dibuat sebagai salah satu wujud pendidikan politik dan demokrasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Kami berharap program program kehumasan Bawaslu Kabupaten Magelang yang digelar secara virtual baik program Podcast Candi dan Ngadem dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kabupaten Magelang," katanya.

Penulis: Desiana (Humas Bawaslu Magelang)

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu