• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Wonosobo Dorong 600 Pemilih Pemula Lakukan Perekaman e-KTP

Bawaslu Wonosobo dorong 600 pemilihan pemula lakukan perekaman agar masuk dalam daftar pemilih. (Foto : Bawaslu Wonosobo)

Wonosobo - Badan Pengawas Pemilihan Umum - Berdasarkan hasil identifikasi Bawaslu Kabupaten Wonosobo setidaknya ada sekitar 600 pemilih yang akan berusia 17 tahun antara bulan Juli hingga 9 Desember mendatang. Untuk itu, pihaknya mendorong pemilih pemula yang berusia genap 17 tahun antara bulan Juli hingga 9 Desember mendatang bertindak aktif melakukan perekaman data diri di kantor Disdukcapil maupun di kecamatan terdekat.

“Hasil Koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Wonosobo, perekaman KTP elektronik bisa dilakukan sebelum pas usia 17 tahun. Untuk itu, kami mendorong Pemilih Pemula untuk segera perekaman di tempat tempat pelayanan yang disediakan pemerintah,”kata Ketua Bawaslu Wonosobo Sumali Ibnu Chamid disela Rapat Koordinasi mengevaluasi tahapan Pemutakhiran Data Pemilih di Kantor Bawaslu Wonosobo, Selasa ( 29/9/2020).

Sumali menjelaskan partisipasi calon pemilih dalam melengkapi data diri memudahkan proses pemenuhan hak pilih. “Konfirmasi kami dengan Disdukcapil soal perekaman data bisa dilakukan lebih awal. Tidak harus tepat pada hari ulang tahun ke 17 tahun, untuk itu bagi warga baik orang tua maupun si anak, kita dorong bertindak aktif lakukan perekaman,”katanya.

Hal tersebut dibenarkan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Wonosobo Yusuf Heriyanto mengatakan warga yang pada bulan Juli hingga 9 Desember berusia tepat 17 tahun sudah bisa melakukan perekaman data diri.

“Jadi perekaman bisa lebih awal. Cuma untuk hasil cetak KTP Elektronik baru bisa keluar setelah tepat usia 17 tahun,”katanya.

Untuk pelayanan perekaman, kata Yusuf, selain langsung datang ke Kantor Disdukcapil, bisa juga perekaman di kecamatan masing masing.

“Kami sangat senang dengan partisipasi masyarakat untuk segera melakukan perekaman, karena akan meningkatkan juga pencatatan kependudukan di kabupaten,”ujarnya.

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu