• English
  • Bahasa Indonesia

Awasi PSU Sabu Raijua, Fritz: Harapannya Masyarakat Antusias Gunakan Hak Pilihnya

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar mengawasi jalannya pemungutas suara ulang (PSU) Pilbup Sabu Raijua, Rabu (7/7/2021)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Sabu Raijua, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar melakukan pengawasan melekat pelaksanan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia mengajak masyarakat antusias memberikan hak pilih sekaligus membantu mengawasi.

Sejak pukul 07.00 WIT, Fritz bersama rombongan Bawaslu NTT dan Bawaslu Sabu Raijua melakukan supervisi pengawasan PSU di lima TPS yakni tiga TPS di Desa Raeloro (TPS 001; 002, dan 003), TPS 01 Desa Menia, danĀ  TPS 002 Kelurahan Mebba yang keseluruhan terletak di Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua.

"Tadi kami saksikan ada TPS di sekolah, tempat desa, dan pula di lapangan. Jadi, bervariasi tempatnya," katanya di Kantor Bawaslu Sabu Raijua, Rabu (7/7/2021) usai melakukan kunjungan.

Dirinya menegaskan, jajaran Bawaslu dalam kunjungan ini ingin memastikan tata cara dan prosedur apakah sudah dilakukan atau belum oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau belum. Namun, dia meyakinkan prosedur telah dilakukan sesuai aturan, bahkan sudah menerapkan protokol kesehatan.

Fritz berharap antusiasme untuk mengikuti pencoblosan bisa besar. "Dari pantauan tadi ada beberapa TPS ramai pemilihnya, namun ada juga yang sepi. Mungkin jelang siang masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya.Kami mengimbau kepada masyarakat Sabu Raijua untuk menggunakan hak pilihnya sekaligus mengawasi apabila ada kecurangan," tambah dia.

Perlu diketahui, PSU Pilbup Sabu Rajiua merupakan amanah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 135/PHP.BUP-XIX/2021. PSU dilakukan di seluruh TPS yang mencapai 180 TPS tersebar di 63 kelurahan/desa dan enam kecamatan lantaran MK menganulir kemenangan perolehan suara calon Bupati nomor urut 2 yaitu Orient Patriot Riwu Kore sekaligus mencoret sebagai pasangan calon nomor urut tersebut. Diketahui pula, PSU Sabu Rajua dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 54.546 pemilih ditambah DPTb (pemilih tambahan) yakni 562 orang.

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu