• English
  • Bahasa Indonesia

Abhan Ingatkan Bawaslu Daerah Rekrut Pengawas Ad Hoc

Ketua Bawaslu Abhan dalam memberikan sambutan Rapat Koordinasi Evaluasi Pengawas Ad Hoc Tahun 2019 dan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin 17 Juni 2019/Foto: Muhtar

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan ingatkan jajaran Bawaslu daerah untuk mempersiapkan rekrutmen pengawas Ad Hoc (sementara) untuk Pilkada 2020 yang digelar serentak untuk 270 daerah di Indonesia.

Abhan menyampaikan hal tersebut di hadapan 516 jajaran Bawaslu Daerah,  baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota saat menurutp Rapat Koordinasi Evaluasi Pengawas Ad Hoc Tahun 2019 dan Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

"Kami sudah menyusun dan memetakan permasalahan pengawas pemilu di setiap tingkatan, namun tentu hasil evaluasi dan masukan yang ada akan jadi nformasi kami dalam menentukan arah kebijakan," ujar Abhan.

Baca juga: Jelang Pilkada Serentak 2020, 270 Bawaslu Bisa Optimalkan NPHD

Abhn selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu menambahkan, dalam mempersiapkan rekrutmen pengawas Ad Hoc melakukan pengawasan pada setiap tahapan pilkada, seharusnya sudah menyusun dan memetakan permasalahan sumber daya manusia (SDM) pengawas Ad Hoc. Menurutnya, ada jenis jenis evaluasi. Pertama, evaluasi rekrutmen pemilu Ad Hoc yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan lembaga pengawas pemilu. Kedua, terkait kapabilitas dan kinerja SDM pengawas pemilu Ad Hoc.

"Sehingga nantinya didapat pengawas yang memiliki integritas, netralitas, dan profesional dalam menjalankan kerja pengawasan," sebut Abhan.

Baca juga: Silaturahmi Penyelenggara Pemilu, Afif Bandingkan Pemilu di Afganistan

Dirinya pun mengingatkan jajaran Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu di daerah untuk melakukan pendataan pegawai Bawaslu dan pengawas pemilu melalui Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu (SIPP). "Jadi sampai hari ini kita masih kesulitan mendata SDM kita, sebagai pengawas pemilu kita," ungkapnya.

Terkait pengawas pemilu, Abhan menjelaskan, saat ini jajaran Bawaslu provinsi sudah menyiapkan untuk memberi penghargaan kepada jajaran Panwaslu di setiap tingkatan. Penghargaan tersebut nantinya berupa sertifikat yang akan ditandatangani langsung oleh dirinya selaku Ketua Bawaslu. Harapannya, penghargaaan ini bisa memecahkan raihan Museum Rekor Indonesia (Muri).

"Insha Allah, saya pribadi yang akan menandatangani langsung," jelasnya.

Editor: Ranap Tumpal HS

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Senin, 17 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Jumat, 14 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H Thamrin 14 Jakarta pusat
Waktu:
Kamis, 13 Juni 2019 WIB
Tempat :
Gedung Bawaslu, Ruang Sidang A dan B Jl. M.H. Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Rabu, 12 Juni 2019 WIB
Tempat :
Geudng Bawaslu, Ruang sidang A dan B Jl. M.H Thmarin 14 Jakarta Pusat.
Waktu:
Selasa, 11 Juni 2019 WIB
Tempat :
LAP 02/LP/PL/ADM.RI/V/2019 AGENDA : PEMBACAAN LAPORAN PELAPORAN, JAWABAN TERLAPOR DAN PEMERIKSAAN SAKSI

Video Bawaslu

Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat
Video Pelatihan Pengawas TPS Pemilu 2019 dilengkapi dengan Bahasa Isyarat