• English
  • Bahasa Indonesia

SKPP Tingkat Lanjut, Abhan Minta Kelompok Disabilitas Harus Diberi Kesempatan Lebih Jadi Kader

Ketua Bawaslu Abhan (kanan) dan Mochammad Afifuddin (kiri) menyampaikan arahan dalam Rakor evaluasi SKPP tingkat menengah di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (2/11/2021)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan mengapresiasi atas selesainya program Sekolah Kader Pengawasan Partipasipatif (SKPP) Tingkat Menengah yang terselenggara di 105 kabupaten/kota se-Indonesia. Dalam rangkaian akhir program ini, Bawaslu akan melanjutkan ke SKPP Tingkat Lanjut yang akan terbagi dalam dua gelombang.

Abhan menyatakan harapannya dalam SKPP akhir ini agar para pesertanya dapat diambil dari persebaran yang menyeluruh dan adil. Dia menjelaskan pemilihan para peserta nantinya harus juga memberikan kesempatan lebih kepada kelompok disabilitas untuk menjadi kader pengawasan partisipatif.

"Atensi untuk kelompok disabilitas harus jadi perhatian jangan didominasi oleh satu kelompok saja tapi secara proporsional kita NKRI banyak warnanya maka harus bervariasi dari seluruh unsur di masyarakat," jelas Abhan di Lantai 5 Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Bawaalu Mochammad Afifuddin menambahkan program SKPP menjadi alokasi Bawaslu kepada orang non-partai yang tidak pernah jadi penyelenggara. Maka dari itu dirinya meminta agar untuk SKPP tingkat lanjut dapat dipilih dengan baik oleh Bawaslu Provinsi dengan proporsional.

"Pengalokasian peserta kita juga percayakan kepada provinsi untuk memilih dan memilah siapa saja yang akan mengikuti kegiatan SKPP tingkat lanjut," kata mantan Koordinator Nasional JPPR tersebut.

Selain pimpinan Bawaslu, forum rapat ini juga dihadiri Kepala Biro Pengawasan Asmin Safari Lubis, Tim Ahli Bawaslu Masykurudin Hafidz serta seluruh Kordinator Divisi Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia yang divisinya membidangi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal).

Editor: Jaa Pradana
Fotografer: Reyn Gloria

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu