• English
  • Bahasa Indonesia

Nota Kesepakatan Aksi Pengawasan Konten Internet Pilkada 2020 Segera Rampung

Suasana rapat dengan pembahasan nota kesepakatan aksi pengawasan konten internet dalam Pilkada 2020. Foto : Humas Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Draf nota kesepakatan aksi pengawasan konten internet dalam Pilkada 2020 segera selesai. Bawaslu melakukan finalisasikan draf tersebut bersama KPU, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), dan Polri. Nota kesepakatan aksi dimaksudkan untuk melakukan penguatan koordinasi para pihak.

Pembahasan nota kesepakatan aksi yang berlangsung di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (13/8/2020) tersebut, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Agenda tersebut, turut dihadiri langsung Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Plt. Dirjen Aptika Kominfo Anthonius Malau, Kabag Kerjasama Antar Lembaga dan Litbang KPU Sekar Linasti melalui internal.

Hadir pula jajaran internal Bawaslu, yakni, Kepala Biro Hukum, Humas, Hubal dan Pengawasan Internal (H2PI) Bawaslu Ferdinand Eskol Tiar, Tenaga Ahli Bawaslu Sulastio, Kabag Humas dan Hubal Hengky Pramono, dan Kasubag Hubal Alief Sudewo.

Selain untuk penguatan koordinasi guna mempercepat pengawasan konten internet, kesepakatan itu sengaja dibentuk para pihak juga bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan koordinasi para pihak. Hal ini dilakukan dalam rangka pengawasan konten internet dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali K ota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020.

Kesepakatan aksi tersebut, dibentuk atas beberapa pertimbangan, yakni,
bahwa kegiatan kampanye melalui tahapan pemilihan di media internet berpotensi disalahgunakan untuk mendiseminasikan konten-konten yang melawan hukum dan/atau bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian bagi Penyelenggara Pemilu, masyarakat, peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Terkait dengan proses penandatangan nota kesepakatan para pihak tersebut, akan dibicarakan lebih lanjut.

Fotografer : Hendru
Editor :Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Helpdesk Keuangan

SIPS

SAKIP

Sipeka Bawaslu

SIPP Bawaslu

Simpeg Bawaslu

e-Announcement LHKPN

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu