• English
  • Bahasa Indonesia

Afif: Pemilu 2019 ke Pilkada 2020 Jadi Tahun Transisi soal DPT

Anggota Bawaslu M. Afifuddin menjadi narasumber dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 2020 bersama Kemendagri di Jakarta, Selasa (16/3/2021)/foto: Jaa Pradana (Humas Bawaslu RI)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu M Afifuddin melihat Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 menjadi tahun transisi untuk persoalan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebab, banyak aturan dasar yang semakin dipertegas walau belum sepenuhnya efektif pelaksanaanya.

Dirinya mencontohkan persoalan syarat pemilih yaitu wajib mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dalam Pilkada 2020. Padahal, lanjut Afif, dalam Pemilu 2019 hal tersebut belum menjadi syarat yang wajib dan mutlak.

"Pada saat yang sama Dirjen Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) Kemendagri bilang belum 100 persen artinya harus ada kebijakan yang progresif," tegas Afif dalam Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 2020 bersama Kemendagri di Jakarta, Selasa (16/3/2021).

Afif juga menyoroti masalah-masalah klasik seperti DPT yang tidak ditempel di Tempat Pemilihan Suara (TPS). Bawaslu juga sempat menemukan ada pemilih yang masuk dalam DPT tetapi belum perekaman e-KTP ataupun sebaliknya.

"Ini problem paling serius dalam kependudukan kita karena bagaimanapun basis yang disinkronkan adalah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari dukcapil," terang Kordiv Pengawasan dan Sosialisasi tersebut.

Persoalan lain, Afif melihat masih terdapat pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak masuk DPT, kemudian masih ditemui identitas ganda dalam DPT. Dia melanjutkan terdapat juga permasalahan tapal batas, data penduduk yang beririsan dengan wilayah lain.

"Harusnya ini bisa menjadi dasar kita yang perlu dibenahi, sebab hal ini berkaitan dengan hak pilih masyarakat," kata Afif.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu