• English
  • Bahasa Indonesia

Totok: Saya 'Mongkok' atas Peran Mitra Strategis Bawaslu

Anggota Bawaslu Totok Hariyono mengapresiasi atas peran para pegiat pemilu dan ormas sebagai mitra strategis Bawaslu di Jakarta, Minggu (26/6/2022). (Foto : Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu RI
Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Totok Hariyono menyampaikan rasa bangga atas upaya pegiat pemilu dan organisasi masyarakat (ormas) sebagai mitra strategis Bawaslu untuk menyukseskan pemilu. Tidak hanya itu, dia meminta mitra strategis tetap mendukung dan ikut mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.
 
"Saya setiap berhadapan dengan pegiat pemilu dan ormas selalu 'mongkok' (bahasa jawa) yakni bangga. Sebagai mitra strategis Bawaslu bersama dengan kawan organik Bawaslu RI hingga pengawas TPS harus mewujudkan pemilu itu nantinya luber dan jurdil," ungkapnya pada kegiatan FGD Rancangan Perubahan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilihan Umum, di Jakarta, Minggu (26/6/2022) malam.
 
Mantan Anggota Bawaslu Jawa Timur itu juga menuturkan pasal 92 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 yaitu pengawasan melekat pada anggota Bawaslu. Tentunya, lanjut dia, Bawaslu tidak bisa melakukan pengawasan sendiri melainkan membutuhkan kerja bersama mitra strategis.
 
"Pemilu ini bukan hajatan negara melainkan ini hajatan rakyat. Rakyat yang berdaulat berdemokrasi menghendaki ada pemilu yang luber dan jurdil," ujarnya.
 
Dirinya juga mengapresiasi pegiat pemilu dan ormas terundang yang hadir, sebab memang perlu adanya bagian dari masyarakat yang memiliki kesadaran politik. 
 
"Kami yakin kawan-kawan punya segudang pengetahuan untuk perbaikan Perbawaslu. Kami sangat berharap curah pikir mitra strategis bisa menstimulus Bawaslu untuk bekerja menjadi lebih baik," imbuhnya.
 
Editor : Reyn Gloria
Fotografer : Muhtar
 
 
Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu