• English
  • Bahasa Indonesia

Serukan Jaga Integritas, Herwyn: Meski Kita Pengawas, Tapi Kita Juga Diawasi Masyarakat

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda memberikan arahan kepada jajaran Panwascam Se-Kota Pangkalpinang di Kantor Bawaslu Pangkalpinang, Jumat (30/8/2024)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Pangkal Pinang, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengajak jajaran Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk menjaga integritas sebagai pengawas pemilihan. Menurutnya, meskipun memiliki tugas sebagai pengawas, tapi di sisi lain Panwascam juga diawasi oleh masyakarat.

"Karena kita mengawasi orang lain secara kelembagaan, tapi secara langsung atau tidak langsung kita diawasi juga oleh masyarakat," katanya saat menghadiri Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas Terkait Teknis Pengawasan dan Fungsi Kesekretariatan Bagi Panwascam Kota Pangkal Pinang di kantor Bawaslu Kota Pangkal Pinang, Jumat (30/8/2024).

Hemat Herwyn, menjaga integritas bisa dimulai dari mengatasi permasalahan dalam diri sendiri. Pertama, Herwyn ingatkan pentingnya dalam membagi skala prioritas.

"Saya pikir juga bukan tidak mungkin tidak ada kegiatan personal. Tapi karena ini kepentingan lembaga, kami berharap prioritas tetap pada prioritas sebagai pengawas pemilihan," jelasnya.

Dia melanjutkan, cara menjaga integritas berikutnya adalah dengan menjaga semangat dan motivasi dalam melakukan pengawasan. Herwyn mengatakan, suatu saat Panwascam akan merasa bosan dalam melakukan pengawasan. Mungkin karena merasa dikecewakan atau pendapatnya tidak disetujui oleh pimpinan yang lain.

Dia menambahkan, lebih dari itu, mungkin saja jam bekerja yang akan dilakukan dalam melakuan pengawasan akan menyita waktu istirahat. "Kita tetap semangat walaupun kerja-kerja kita bisa saja mempagikan malam. Bahkan bisa dari pagi sampai pagi," ujarnya.

Di sisi hubungan dengan eksternal, Herwyn juga mengingatkan jajaran Panwascam agar bisa memproses orang yang mungkin punya kedekatan dengan mereka. Dia mengatakan, bukan tidak mungkin orang yang diproses nantinya itu merupakan saudara orang yang sangat berjasa pada kita.

Namun Herwyn menegaskan jika memang yang bersangkutan secara jelas melakukan perbuatan melanggar, maka kewenangan Bawaslu harus dilakukan. Sehingga imbuhnya, jika Panwascam sudah selesai dengan persoalan diri masing-masing, maka Herwyn menjamin mereka akan baik dalam bekerja.

"Intinya begini, bagaimana kita mengawasi orang lain kalau diri kita masih bermasalah. Pekerjaan ini penuh gelombang dan dinamika. Tapi ingatlah, pelaut yang hebat lahir dari gelombang yang besar," tutup Herwyn.

Editor: Jaa Pradana
Foto: BSW

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu