• English
  • Bahasa Indonesia

Pengawas Pemilu Diminta Rajin Membuat LHP untuk Klarifikasi Informasi Viral Kepemiluan

Anggota Bawaslu Totok Hariyono memberi arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses pada Pemilu 2024, Senin (18/12/2023)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Totok Hariyono meminta jajaran divisi penyelesaian sengketa Bawaslu untuk rajin membuat laporan hasil pemeriksaan (LHP). Tujuannya untuk mengklarifikasi segala laporan yang masuk terkait dugaan informasi pelanggaran pemilu.

"Kalau ada informasi yang viral terkait dugaan pelanggaran pemilu, nah Bawaslu di tiap jajaran wajib menelusuri dan membuat LHP," kata Totok saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Evaluasi Penyelesaian Sengketa Proses pada Pemilu 2024, Senin (18/12/2023).

Menurutnya, LHP tersebut menjadi penting karena berisi penelusuran dan pengkajian berdasarkan fakta yang dikaitkan dengan unsur-unsur dalam regulasi yang ada.

Selain itu, Totok menambahkan LHP ini juga dapat membantu Bawaslu di tiap jajaran apabila nanti menjadi pihak terkait dalam sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konsitusi (MK).

"Hasil kajian ini penting karena bisa menjadi penguat Bawaslu dalam keterangan apabila ada sengketa hasil pemilu di MK," ungkap laki-laki asal Malang itu.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Hukum itu meminta jajaran Bawaslu khususnya Divisi Penyelesaian Sengketa untuk mengelola anggaran keuangan secara baik dan bijak. Tujuannya agar menghindari perilaku yang berpotensi tidak saja menyalahgunakan keuangan, tetapi juga kewenangan.

Apalagi dia menambahkan, saat ini sedang berlangsung tahapan pemilu sehingga pengelolaan keuangan Bawaslu harus sangat cermat dalam tata kelolanya.

"Kelola keuangan secara baik. Jangan dekati perilaku koruptif. Karena ini duit negara sehingga kita harus saling mengingatkan," tegasnya.

Sekadar informasi dalam acara ini, juga diadakan penyerahan penghargaan terhadap jajaran Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu di tiap jajaran hingga Panwascam dalam hal pembuatam konten video penyelesaian sengketa proses pemilu.

Editor: Jaa Pradana
Foto: Rama Agusta

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu