• English
  • Bahasa Indonesia

Pelantikan TPD PAW 2023-2024, Bawaslu Ingatkan Kesamaan Cara Pandang Pencegahan Pelangaran Kode Etik

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty memberikan sambutan dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Pengganti Antarwaktu (PAW) Periode 2023-2024 di Jakarta, Selasa malam (28/5/2024)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengingatkan upaya pencegahan terhadap berbagai potensi pelanggaran kode etik yang merupakan tanggung jawab bersama penyelenggara pemilu. Oleh karena itu, menurut dia, perlu adanya kesamaan cara pandang pencegahan pelanggaran kode etik.

Lolly menjelaskan upaya pencegahan tidak akan kuat jika DKPP dibantu penyelenggara pemilu memastikan seluruh jajarannya punya kesadaran menjaga etika penyelenggara pemilu.

“Karena etika ini tidak hanya ada di ruang persidangan, maka kita perlu sama-sama punya cara pandang melakukan pencegahan sedini mungkin. Upaya pencegahan perlu dilakukan, tidak semata meletakkan tugas menjaga etika ke DKPP,” ucapnya saat memberikan sambutan dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Pengganti Antarwaktu (PAW) Periode 2023-2024 di Jakarta, Selasa malam (28/5/2024).

Menurut Lolly, upaya pencegahan potensi pelanggaran kode etik bisa melalui program-program yang diinternalisasikan di KPU maupun Bawaslu. Hal ini untuk memastikan pembinaan itu tidak sekadar pembinaan yang jauh dari etik. “Karena ujung etika itu adalah profesionalisme, semua orang akan bermuara pada profesionalisme,” ungkap Srikandi Bawaslu ini yang juga Anggota DKPP Ex Offico.

Dia berharap, TPD yang terlantik dapat mengemban tugas dan tanggung jawab dengan baik dengan melakukan sinergi, koordinasi, komunikasi dengan semua elemen. Dengan demikian publik mengetahui apa saja yang dilakukan oleh TPD dalam mengawal Pilkada Serentak 2024.

“Pastikan tidak terjadi pelanggaran etik di lingkungan terdekat kita. Kontribusi inilah yang dibutuhkan untuk memperkuat kepercayaan publik terhadap penyelenggara pemilu,” ucap dia.

Sebagai informasi, 21 TPD PAW yang dilantik terdiri dari 18 orang TPD unsur KPU dan 3 orang TPD unsur Masyarakat. Semuanya dilantik berdasar Surat Keputusan Ketua DKPP Nomor 92.A/SK/K.DKPP/SET-03/V/2024 tentang pengangkatan Tim Pemeriksa Daerah Pengganti Antarwaktu Periode 2023-2024.

Editor: Jaa Pradana
Foto: Candra Gunawan

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu