• English
  • Bahasa Indonesia

Lolly Ajak Masyarakat untuk Berani Laporkan Pelanggaran di Pemilu 2024

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat membuka Workshop Pengawasan Partisipatif Menuju Sukses Pemilihan Umum Tahun 2024 di Bandung, Rabu (5/7/2023)

Bandung, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menyoroti pentingnya pendidikan partisipatif sebab, kegiatan ini memiliki tujuan untuk mendorong masyarakat berani melaporkan jika melihat pelanggaran pemilu atau pemilihan. Dia becermin pada Pemilu 2019 silam, yang mana angka temuan masih lebih besar dibandingkan dengan laporan masyarakat.

"Pendidikan partisipatif penting diberikan, terlebih Jawa Barat dengan pemilih yang tinggi atau sekitar 35,7 juta pemilih, harusnya mampu menjadikan masyarakat lebih berani melaporkan kalau menemukan pelanggaran," katanya saat membuka Workshop Pengawasan Partisipatif Menuju Sukses Pemilihan Umum Tahun 2024 di Bandung, Rabu (5/7/2023).

Berdasarkan data tersebut, Lolly menyatakan bahwa target dalam pendidikan pengawasan partisipatif cukup jelas yaitu yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melaporkan pelanggaran pemilu 2024. Dia juga menegaskan dalam pengawasan partisipatif rumusnya hanya satu yakni mengetahui apa yang dilarang dalam pemilu. Untuk itu, dia juga meminta peserta workshop menggali berbagai hal kepada narasumber sebagai bekal pengawasan partisipatif.

"Acara ini kualitasnya harus dalam, ketahui apa yang dilarang dalam pemilu, kalau sudah diketahui pahami bagaimana yang dilarang itu bermain dalam pemilu. Hal itu, akan membuat kita memiliki strategi identifikasi untuk mengetahui dugaan pelanggaran sejak awal," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta mengatakan pentingnya masyarakat sipil terlibat dalam pemilu. "Semakin kuat kelompok yang netral, makan akan semakin demokratis sebuah bangsa dan ini bisa menetralisir semua benturan yang terjadi," katanya saat menjadi narasumber.

Sebagai informasi, "kick off" Workshop Pengawasan Partisipatif Menuju Sukses Pemilihan Umum Tahun 2024 digelar di dua kota yakni Jakarta dan Bandung. Acara tersebut dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh wanita, tokoh adat, dan disabilitas.

Editor: Bhakti Satrio

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu