• English
  • Bahasa Indonesia

Lantik Ichsan Fuady Jadi Sekjen, Ketua Bawaslu Minta Bangun Kinerja Organisasi

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (kiri membungkuk) saat membubuhkan tanda tangan dalam naskah pelantikan Ichsan Fuady (kanan dengan peci hitam) sebagai Sekretaris Jenderal Bawaslu di Jakarta, Jumat 17 Februari 2023/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Ketua Bawaslu Rahmat Bagja melantik sekaligus mengambil sumpah jabatan Ichsan Fuady sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu. Dalam amanatnya, Bagja meminta Ichsan selaku Sekjen Bawaslu yang baru bekerja keras untuk membangun kinerja organisasi sebagai bentuk dukungan penuh pelaksanaan pengawasan pemilu.

“Kami harap kerja kita bersama sebagai ketua, anggota, dan sekjen bahu membahu dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024,” ucap Bagja dalam acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Sekretaris Jenderal Bawaslu di Jakarta, Jumat (17/2/2023).

Dia mengingatkan tugas dan kinerja sekjen percaya sesuai dengan apa yang dicanangkan dalam Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu 3 Tahun 2022 tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Pengawas Pemilihan Umum. “Kami harap aturan ini dapat dilaksanakan dengan baik,” tutur alumnus Universitas Indonesia itu.

Bagja juga berharap kedepannya tidak ada pelanggaran sistemik yang terjadi sehingga memerlukan Bawaslu untuk menindak secara tegas. Untuk meminimalkan hal tersebut, Bagja percaya hanya fungsi pencegahan yang bisa diupayakan Bawaslu serta meningkatkan program pengawasan partisipatif.

“Solidkan jajaran internal kesekretariatan. Jadikan kami keluarga Bawaslu menjadi guyub dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Semua orang yang telah pergi dan masuk dari Bawaslu adalah keluarga,” pesan Bagja.

Ichsan dilantik menjadi Sekjen Bawaslu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tertinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu. Sebelumnya, Ichsan menjabat sebagai Inspektorat Utama Bawaslu.

Pelantikan yang berlangsung khidmat itu turut disaksikan oleh tiga pimpinan Bawaslu; Totok Hariyono, Lolly Suhenty, dan Puadi. Hadir pula Sekretaris Kemenpora Gunawan Suswantoro, Ketua dan Sekjen KPU, Anggota DKPP, ketua anggota Bawaslu 2017-2022, Wakil Ketua KASN, serta para pejabat kementerian/lembaga lain.

Editor: Ranap THS
Fotografer: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu