• English
  • Bahasa Indonesia

Laksanakan Pilkada di Tengah Pandemi, Bawaslu Tak Hanya Awasi Subtantif Elektoral

Foto : Ketua Bawaslu Abhan Mengunjungi Kantor Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Sabtu (14/11/2020).

Pekalongan, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Ketua Bawaslu Abhan mengatakan pilkada yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 memiliki dua tugas penting yaitu mengawasi berkaitan dengan substantif elektoral dan substantif non elektoral.

“Pengawasan di tengah pandemi ini menjadikan tugas pengawas bertambah, tidak hanya mengawasi secara substantif elektoral saja melainkan substantif non elektoral. Sehingga sangat penting untuk kita mengawasi keduanya” Katanya saat melakukan kunjungan ke Kantor Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (14/11/2020).

Abhan menjelaskan pengawasan substantif elektoral yaitu pengawasan terhadap pelanggaran pemilihan seperti praktik politik uang, kampanye diluar jadwal, dan lain-lain. Sedangkan pengawasan substantif non-elektoral seperti mengawasi perihal penerapan protokol Kesehatan.

“(Salah satu upaya pencegahannya) melakukan koordinasi dengan LO (liaison officer) masing-masing paslon penting untuk dilakukan misalnya dengan membuat grup whatsapp Bersama LO . Hal ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam melakukan upaya pencegahan” ungkapnya.

Apresiasi juga diberikan Pria kelahiran Pekalongan itu kepada jajaran pengawas yang bekerja keras mengawasi setiap tahapan pemilihan. Diapun berharap pelaksanaan pilkada di saat pandemi bisa dilaksanakan dengan baik, aman dan berjalan lancar.

“Pengawasan Pilkada di tengah pandemi ini tidaklah mudah oleh karenanya kami apresiasi kepada kawan-kawan yang terus bersemangat bekerja keras untuk mengawal demokrasi ini” ujarnya.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

 

Si Jari Hubal Bawaslu

 

Savero Bawaslu

 

Agenda Bawaslu

Waktu:
Kamis, 17 September 2020 WIB
Tempat :
Daring Komisi Nasional Hak Asasi <Manusia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Daring CNN Indonesia
Waktu:
Senin, 7 September 2020 WIB
Tempat :
Lantai 4 Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu