• English
  • Bahasa Indonesia

Kerja Sama Tuntaskan Disinformasi Pemilu, Fritz: Perlu Satu 'Grand' Desain Protokol Penanganan

Tangkapan layar Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar saat memberikan keterangan dalam Perumusan Protokol Penanganan Disinformasi yang diselenggarakan oleh Perludem secara daring, Rabu (29/12/2021).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar melihat disinformasi terkait hoaks kepemiluan ataupun kampanye hitam baik luring dan daring menjadi masalah yang ramai beberapa tahun belakangan. Hal ini menurutnya perlu ada langkah bersama dengan beberapa lembaga guna menuntaskan merebaknya disinformasi tersebut.

Berkaca dari pengalaman sebelumnya, Fritz menilai perlu ada kesadaran semua pihak perlu menghormati kewenangan masing-masing lembaga. Dengan begitu, lanjutnya, lembaga terkait dapat mengatasi disinformasi secara bersama-sama sesuai bagiannya.

"Semua pihak punya peran, tetapi saya setuju kita memiliki satu 'grand' desain protokol penanganan disinformasi. Saya dukung dan berharap. Itulah tujuan kita menyambut Pemilu 2024 mendatang," tutur Fritz secara daring, Rabu (29/12/2021).

Fritz menekankan perlu adanya peraturan pelaksaan yang jelas terkait pengawasan di media sosial atau berkampanye di media sosial baik itu berupa Peraturan Bawaslu, Peraturan KPU ataupun Peraturan Kominfo. Menurutnya tugas ke depan adalah mensinkronisasikan peran masing-masing lembaga.

"Jadi saya melihat kenapa dibutuhkan Peraturan KPU maupun (Peraturan) Bawaslu ini jadi dasar untuk kita melakukan kerja sama dengan pihak-pihak lain baik kepolisian, BSSN, Kominfo," ungkap Kordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu tersebut.

Sebagai informasi, Bawaslu telah mencapai kesepakatan dengan berbagai lembaga diantaranya pengawasan Aparatur Sipil Negara (ASN), ujaran kebencian atau berita bohong dengan Kominfo, keamanan penyelenggaraan pemilu maupun pilkada bersama TNI/Polri serta keamanan data bersama BSSN.

Editor: Ranap THS

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu