• English
  • Bahasa Indonesia

Jelang Pemilu 2024, Bagja: Penegakkan Hukum Media Jangan Sampai Jadi Faktor Utama

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menjadi narasumber dalam webinar "Peran Media dan Akselerasi Demokrasi" oleh Bawaslu Kota Surakarta, Sabtu (28/8/2020)/foto: screenshot zoom

Surakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja berharap, penegakkan hukum terhadap berita hoaks di media massa ketika pemilu, tidak jadi faktor utama dalam proses literasi media di era demokrasi. Hal itu disampaikannya melalui daring saat membuka materi webinar "Peran Media dan Akselerasi Demokrasi" oleh Bawaslu Kota Surakarta, Sabtu (28/8/2020).

"Penegakkan hukum dalam membaca literasi media jangan sampai jadi faktor utama. Sebab itu bisa jadi masalah," ujar Bagja.

Menurutnya sangat penting membangun sebuah pemahaman dalam membaca literasi media. Sebab kemampuan memahami literasi media tambah Bagja tidak hanya membuat publik sekadar membaca saja namun dapat digunakan keterampilan berpikirnya sebagai sumber-sumber pengetahuan baik berbentuk cetak, visual, dan lainnya di media massa.

Terutama kemampuan membaca literasi media harus dipahami juga oleh aparatur sipil negara (ASN). Berkaca pada data hasil pengawasan Pemilu Serentak 2019, pelanggaran netralitas ASN di media massa dan media sosial cukup banyak.

"Bagaimana memahamkan kemampuan membaca literasi media kepada ASN sangat perlu," tegasnnya.

Meski begitu ungkap Bagja, peran media massa dan media sosial masih sangat amat penting dalam penyajian informasi yang kredibel kepada masyarakat.

"Seluruh aspek dalam negeri demokrasi, sangat membutuhkan peran media," tegasnya.

Dalam webinar yang dihadiri mayoritas kalangan mahasiswa tersebut, turut dihadiri selaku narasumber, Komisioner KPID Provinsi Jawa Tengah Anas Syahirul dan Akademisi Okta Hadi.

Editor: Jaa Pradana

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu